Perancangan Buku Aktivitas Pembelajaran Pancasila Buddhis untuk Anak

Yudhisti, Dellvionico (2021) Perancangan Buku Aktivitas Pembelajaran Pancasila Buddhis untuk Anak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (303kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (351kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (108kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (203kB)

Abstract

Pancasila buddhis merupakan akar atau dasar dari agama Buddha, dikatakan bahwa pancasila buddhis merupakan pondasi utama bagi anak untuk perkembangan moralitasnya. Akan tetapi anak menganggap bahwa pancasila adalah hal yang sangat abstrak atau sulit untuk dimengerti jikalau hanya membaca secara langsung dari buku kitab agama Buddha yaitu tipitaka atau mendengarkan dari bhante atau guru agama mereka saja. Alasan tersebut dapat membuat anak mengalami penurunan minat dalam mempelajari ataupun belajar mengerti pancasila buddhis yang dapat membuat mereka tidak memiliki pegangan yang kuat untuk beragama Buddha atau menjalankan pancasila buddhis dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode campuran yaitu wawancara dan juga penyebaran kuesioner. Berdasarkan dari hasil wawancara dan juga penyebaran kuesioner dikatakan bahwa benar adanya pembelajaran pancasila buddhis haruslah dikemas dengan aktivitas da juga cerita yang berhubungan dengan setiap sila tersebut. Maka dari itu penulis melakukan perancangan buku aktivitas yang didalamnya terdapat penjelasan mengenai pancasila buddhis, cerita bergambar, serta aktivitas yang dapat dilakukan dengan tujuan mempermudah pembelajaran pancasila buddhis untuk anak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Buku Aktivitas, Pancasila Buddhis, Anak-anak
Subjects: 200 Religion > 290 Other religions > 294 Religions of Indic Origin (Buddhism, Jainism, Hinduism, Sikhism)
300 Social Sciences > 370 Education > 372 Primary education (elementary education)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 15:48
Last Modified: 28 Aug 2023 00:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16522

Actions (login required)

View Item View Item