Diandra Sandi, Elisabeth (2021) Proses Kerja Reporter Daring di Kanal Edukasi Kompas.com Pada Masa Pandemi COVID-19. Internship Report, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (216kB) |
|
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (858kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (42kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Semasa pandemi virus COVID-19, perusahaan media juga turut mendapatkan dampak dan perubahan kebiasaan dalam bekerja. Sejak Maret 2020, hampir seluruh redaksi di Kompas.com harus bekerja dari rumah, tidak terkecuali kanal Edukasi. Lewat kanal Edukasi, jurnalis menggarap isu pendidikan yang terbagi menjadi empat sub kanal, yaitu Sekolah, Perguruan Tinggi, Pendidikan Khusus, dan Beasiswa. Dari semua sub kanal, pendidikan khusus menjadi bentuk dedikasi Kompas.com kepada kelompok minoritas. Selain itu, reporter dalam jaringan (daring) di Kompas.com juga dituntut untuk menulis dan menyediakan foto. Di tengah pandemi COVID-19, reporter daring kanal Edukasi Kompas.com sebagian besar memanfaatkan informasi dari web seminar, rilis pers, media sosial, dan mencari referensi dari internet seperti saran Muqsith (2020). Wawancara pun dilakukan secara virtual, termasuk saat menghubungi kepala sekolah dan pengajar di Sekolah Luar Biasa Swasta (SLBS) Putra Hanjuang, Garut. Hasil dari kerja magang selama kurang lebih tiga bulan menunjukkan bahwa pembuatan soft news selama pandemi mengalami kekurangan dari penjabaran unsur deskriptif tempat dan suasana karena tidak bisa melakukan observasi langsung. Selain itu, kerja magang ini juga membuat mahasiswa dan perguruan tinggi dapat mengatasi jarak untuk link and match dengan dunia kerja dengan menyediakan pembelajaran terkait Search Engine Optimization (SEO).
Item Type: | Technical Report (Internship Report) |
---|---|
Creators: | Diandra Sandi, Elisabeth (00000020204) |
Contributors: | Magnus Prestianta, Albertus (0328108803) |
Keywords: | proses kerja, reporter daring, pandemi COVID-19 |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing > 070.18 Documentary Films, Educational Films |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 18:19 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |