Latumahina, Mikhail Aresa (2021) Rancang Bangun Game Dungeon Crawler dengan Procedural Content Generation Menggunakan Algoritma Drunkard's Walk. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Proses pembuatan video game bukanlah sebuah proses yang murah dan memakan banyak sumber daya. Ada beberapa cara untuk mencegah masalah ini salah satu nya dengan menggunakan Procedural Content Generation atau PCG. Metode PCG digerakan dengan implementasi suatu algoritma, dalam kasus ini yakni algoritma Drunkard's walk. Drunkard's walk diutilisasikan untuk proses level generation yang akan dimainkan oleh pemain, dalam bentuk game dengan genre Dungeon Crawler. penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun game dungeon crawler menggunakan algoritma Drunkards Walk, dan mengukur tingkat kepuasan pemain yang memainkannya. Game dibuat dengan menggunakan game engine Unity 2D. Setelah game berhasil dibuat akan dilakukan suatu pengujian pengukuran kepuasan pemain terhadap game PCG tersebut dengan menggunakan Game User Satisfaction Scale 18, atau GUESS-18. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan GUESS-18 sebagai tolak ukur, didapatkan nilai 79,92% dengan predikat baik dalam tingkat kepuasan pemain terhadap game PCG tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Dungeon Crawler, Drunkard's Walk, GUESS, level generation, PCG |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++ |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 12:45 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 07:38 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16569 |
Actions (login required)
View Item |