Leonardy, Valerian (2021) Pengaruh Functional Value, Emotional Value, Social Value, dan Epistemic Value Terhadap Brand Commitment serta Implikasinya Pada Brand Switching Behavior: Telaah pada Kamera Digital Canon. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan teknologi semakin pesat dan mempengaruhi gaya hidup manusia dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Setiap inovasi teknologi memiliki peranan masing-masing dalam kehidupan. Salah satu teknologi yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah kamera. Banyak perusahaan yang menjual kamera dan salah satunya adalah Canon. Dalam industri kamera, Canon merupakan pemegang pangsa pasar terbesar di dunia. Canon selama ini fokus mengembangkan jenis kamera DSLR dan menjadi yang terunggul di pasarnya. Walaupun Canon masih menduduki posisi pertama, pasar Canon terus tergerus dengan adanya kompetitor yang membawakan jenis kamera baru yaitu mirrorless. Canon juga memiliki kamera jenis tersebut namun harus turun peringkat menjadi posisi ke-2 di tahun 2020. Selain itu untuk kamera full-frame Canon pun turun peringkat menjadi posisi kedua di tahun 2019. Dalam industri kamera pun juga terdapat tren perubahan dari kamera DSLR ke mirrorless. Canon menyadari hal tersebut dan melihat tren bahwa sebagian pengguna kamera Sony merupakan mantan pemilik DSLR Canon yang beralih. Dari fenomena di atas peneliti ingin mengetahui apakah functional value, emotional value, social value, dan epistemic value memiliki pengaruh terhadap brand commitment serta implikasinya terhadap brand switching behavior. Penelitian ini dilakukan menggunakan descriptive research design dan pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan teknik structural equation modeling dengan menggunakan software LISREL 8.8. Dari hasil penelitian ini functional value dan emotional value memiliki pengaruh positif terhadap brand commitment dan brand commitment memiliki pengaruh negatif terhadap brand switching behavior.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | functional value, emotional value, social value, epistemic value, brand commitment, brand switching behavior |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 14:59 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 01:59 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16633 |
Actions (login required)
View Item |