Perancangan Tata Warna dan Pencahayaan untuk Adegan Imajinasi pada Film Animasi Hybrid "Crayon"

Winata, Cecilia Angieta (2020) Perancangan Tata Warna dan Pencahayaan untuk Adegan Imajinasi pada Film Animasi Hybrid "Crayon". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (641kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (951kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (121kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Maraknya produksi film animasi di Indonesia maupun luar negeri menyebabkan para pencipta film harus mencari keunikan dalam ciptaannya. Agar dapat bersaing dalam industri, para pencipta film mengeksploitasi salah satu elemen film style, yaitu tata warna dan pencahayaan, sebagai appeal dari ciptaannya. Menurut Holtzschue (2017), penggunaan warna bermanfaat untuk mengomunikasikan ide atau konsep, memanipulasi persepsi penonton, dan membangun emosi penonton (hlm. 6). Perancangan tata warna dan pencahayaan untuk adegan imajinasi pada film animasi hybrid "Crayon" dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data kualitatif dari studi literatur mengenai teori warna, psikologi warna, tata pencahayaan dalam sinematografi dan emosi manusia, observasi dan analisis visual terhadap berbagai film animasi yang memiliki konsep serupa dengan "Crayon", serta eksperimen visual. Metode-metode tersebut menghasilkan pemilihan warna dan teknik pencahayaan yang tepat untuk menggambarkan perkembangan emosi tokoh Alvin terhadap tokoh Monomono dalam empat tahap, yaitu pertanda buruk diiringi suasana mistis, puncak bahaya dan agresivitas, tekad untuk melawan bahaya, dan hangatnya persaudaraan dalam situasi tidak aman.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: animasi, tata warna dan pencahayaan, emosi, psikologi warna, teknik pencahayaan
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:39
Last Modified: 20 Oct 2023 00:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16637

Actions (login required)

View Item View Item