Perancangan Kampanye Bijak Menggunakan Dompet Digital

Joelvhenia, Joelvhenia (2021) Perancangan Kampanye Bijak Menggunakan Dompet Digital. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (581kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (80kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (739kB)

Abstract

Pengguna dompet digital di Indonesia terus meningkat terutama generasi milenial. Kehadiran beragam aplikasi dompet digital karena perkembangan teknologi membuat sistem pembayaran di Indonesia menjadi lebih praktis dan efisien. Tetapi hal ini juga berdampak negatif kepada generasi milenial yang tanpa sadar menumbuhkan perilaku konsumtif karena kemudahan penggunaan dompet digital membuat mereka lebih mudah untuk membelanjakan saldo dalam dompet digital mereka. Selain karena kemudahan yang ditawarkan, uang digital lebih mudah dibelanjakan karena bukan berbentuk fisik sehingga proses transaksinya pun tidak terasa, berbeda dengan uang tunai. Sifat konsumtif yang tidak diatasi sejak dini dapat mengakibatkan masalah finansial di masa depan. Oleh sebab itu, dibutuhkan kampanye agar generasi milenial sadar akan pentingnya bersikap bijak ketika bertransaksi dengan dompet digital. Kampanye meliputi proses pengumpulan data dengan metode penelitian mixed methods, menganalisa fenomena, merancang konsep desain visual kampanye, proses implementasi hingga proses evaluasi. Diharapkan kampanye ini dapat mengubah pola perilaku generasi milenial yang konsumtif dalam bertransaksi dengan dompet digital.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: bijak, dompet digital, kampanye, konsumtif, milenial
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 14:43
Last Modified: 26 Sep 2023 01:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16675

Actions (login required)

View Item View Item