Pengaruh Reputasi Underwriter, Ukuran Perusahaan, Return on Asset, dan Persentase Penawaran Saham kepada Publik Terhadap Underpricing

Shiayadi, Renaldy (2021) Pengaruh Reputasi Underwriter, Ukuran Perusahaan, Return on Asset, dan Persentase Penawaran Saham kepada Publik Terhadap Underpricing. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (927kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (579kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (792kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (272kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh reputasi underwriter, ukuran perusahaan, Return On Assets (ROA), dan persentase penawaran saham kepada publik terhadap underpricing. Underpricing adalah suatu fenomena dimana harga saham saat penawaran perdana (Initial Public Offering/IPO) lebih rendah dibandingkan harga penutupan saham di pasar sekunder pada hari pertama. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini dianalisa dengan menggunakan metode analisis linear berganda. Sampel dalam penelitian ini adalah 61 perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016 sampai dengan tahun 2019; tidak melakukan penerbitan waran; mengalami underpricing saat melakukan penawaran perdana (IPO); memiliki data penjamin pelaksana emisi efek dengan porsi penjaminan yang berbeda dalam prospektus; memiliki laporan keuangan auditan yang berakhir pada 31 Desember satu tahun terakhir sebelum melakukan IPO; menggunakan Rupiah sebagai mata uang penyajian; membukukan laba selama satu periode terakhir sebelum IPO; dan tidak termasuk dalam sektor industri keuangan. Hasil penelitian ini adalah (1) reputasi underwriter tidak berpengaruh terhadap underpricing; (2) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap underpricing; (3) return on asset tidak berpengaruh terhadap underpricing; dan (4) persentase penawaran saham kepada publik tidak berpengaruh terhadap underpricing.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: persentase penawaran, reputasi underwriter, return on asset, ukuran perusahaan, underpricing
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 332 Financial Economics (Shares, Investment)
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 17:28
Last Modified: 24 May 2023 00:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16702

Actions (login required)

View Item View Item