Perancangan Tata Warna dan Tata Cahaya untuk Memvisualkan Dunia Nyata dan Dunia Imajinasi dalam Film Animasi 3D "Mimpi Putih Abu-abu"

Felicia T, Vania (2021) Perancangan Tata Warna dan Tata Cahaya untuk Memvisualkan Dunia Nyata dan Dunia Imajinasi dalam Film Animasi 3D "Mimpi Putih Abu-abu". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (824kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (108kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Warna dan tata cahaya merupakan salah satu unsur yang penting dalam proses pembuatan film animasi maupun film live-action. Warna dan tata cahaya juga menjadi hal penting dalam membentuk suasana dan mempengaruhi emosi penonton. Untuk itu, penulis ingin melakukan penelitian bagaimana cara merancang warna dan tata cahaya untuk memvisualkan dunia imajinasi dan dunia nyata dalam film animasi 3D "Mimpi Putih Abu-abu". Penulis akan membedah warna dan tata cahaya apa saja yang digunakan untuk memvisualkan dua dunia tersebut, sekaligus membandingkan perbedaan penggunaan warna dan tata cahaya yang ada pada hasil final film tersebut. Penulis akan membatasi penelitian ini pada scene 7 shot 5 dan scene 15 shot 2, yang merupakan scene dunia nyata, serta scene 12 shot 1, yang merupakan scene dunia imajinasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kajian literatur, melakukan pengujian dan eksplorasi untuk mendapatkan hasil warna dan tata cahaya yang diinginkan, sekaligus mencari referensi warna dan tata cahaya dalam film animasi maupun live- action. Aspek yang dikaji meliputi hue, saturation, value, color harmony, psikologi warna, serta pengaplikasian natural light, indoor lighting dan artificial lighting. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah penulis dapat memahami proses perancangan tata warna dan tata cahaya untuk memvisualkan dua dunia yang berbeda.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Tata warna, tata cahaya, dunia nyata, dunia imajinasi
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 16:04
Last Modified: 08 Sep 2023 01:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16727

Actions (login required)

View Item View Item