Model Bisnis Media Alternatif di Indonesia (Study Kasus Asumsi)

Soterini, Maria (2021) Model Bisnis Media Alternatif di Indonesia (Study Kasus Asumsi). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (367kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (121kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (556kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (502kB)

Abstract

Sejalan dengan perkembangan teknologi, Dewan pers mencatat terdapat 43.300 media online di Indonesia pada 2017. Angka media yang cukup tinggi tersebut meninggalkan sebuah pertanyaan bagaimana media dapat bertahan dalam persaingan industri media di era information and communication technology (ICT) ini. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh media ada terkait dengan keuangannya, oleh karena itu perusahaan media perlu untuk mencari strategi agar dapat bertahan. Terdapat beberapa strategi bisnis yang dapat dijalankan yaitu iklan, crowdfunding,dll. Hal ini menarik lantaran salah satu media di indonesia menggunakan model bisnis crowdfunding yaitu Asumsi. Secara konten, Asumsi merupakan media alternatif namun yang mendorong penelitian ini adalah upaya media menjalankan model bisnis alternatif crowdfunding. Namun, penelitian ini berfokus pada semua bentuk model bisnis yang digunakan oleh media yang memiliki konten alternatif untuk dapat bertahan. Hal tersebut mendorong peneliti untuk mengetahui bagaimana model bisnis yang diterapkan oleh Asumsi untuk dapat bertahan sebagai media alternatif. Penelitian ini menggunakan dua konsep yaitu media alternatif dan model bisnis. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara semi-struktur dengan vice president of strategy dan creative director Asumsi. Ditemukan bahwa modelbisnis yang diterapkan oleh Asumsi adalah product placement. Sebagai media yang memiliki konten alternatif, Asumsi belum maksimal menjalankan model bisnis alternatif seperti crowdfunding.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Model Bisnis, Media Alternatif, Product Placement, Asumsi
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 657 Accounting > 657.7 Accounting for Specific Phases of Business Activity
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 14:00
Last Modified: 20 Jun 2023 02:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16795

Actions (login required)

View Item View Item