Representasi Kekerasan Simbolik pada Iklan Qtela 2020 Versi Drama #ParodiKuMenangis (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Febrianti Kimas, Hanna (2021) Representasi Kekerasan Simbolik pada Iklan Qtela 2020 Versi Drama #ParodiKuMenangis (Analisis Semiotika Roland Barthes). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (591kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (125kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (942kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (733kB)

Abstract

Perkembangan zaman turut mempengaruhi bagaimana iklan ditampilkan kepada masyarakat. Iklan berkontribusi terhadap perkembangan gaya hidup masyarakat, pola pikir, juga dalam berperilaku. Hal ini ditandai dengan bagaimana iklan dapat menginspirasi masyarakat untuk membeli suatu produk, mapupun menghapal isinya, juga mempraktikkannya. Iklan produk makanan ringan, Qtela pada tahun 2020 menggunakan konsep parodi dari sinetron Indonesia, "Ku Menangis". Drama dari sinetron tersebut terbilang cukup viral dan populer. Sayangnya, iklan tersebut mengandung kekerasan verbal dan nonverbal yang dapat berdampak kepada para penontonnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran atau representasi kekerasan verbal dan nonverbal. Representasi kekerasan verbal dan nonverbal ini berusaha diketahui dan dicari melalui tanda-tanda berupa pesan, gestural, dan emosi yang muncul pada tayangan iklan tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian semiotika. Data akan dianalisis menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi kekerasan verbal dan nonverbal dari iklan Qtela 2020 versi drama #ParodiKuMenangis dapat dilihat berdasarkan tanda yang muncul dalam iklan tersebut. Dari emosi, fasial, dan gestural sang aktor memperlihatkan kekerasan verbal dan nonverbal yang tergambarkan melalui analisis lima kode pembacaan Roland Barthes.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Iklan, kekerasan verbal dan nonverbal, representasi, Roland Barthes, dan semiotika
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 12:38
Last Modified: 18 Apr 2023 08:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16824

Actions (login required)

View Item View Item