Rancang bangun sistem informasi akademik dengan metode gamifikasi berbasis android

Setiana, Henry (2015) Rancang bangun sistem informasi akademik dengan metode gamifikasi berbasis android. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (747kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (677kB)

Abstract

Siswa seringkali malas dalam belajar dan bagaimana cara memotivasi siswa menjadi permasalahan dalam dunia pendidikan. Aplikasi ini dibangun dengan mengimplementasikan metode gamifikasi ke dalam sistem informasi akademik. Sistem informasi akademik adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyajikan informasi dan menata administrasi yang berhubungan dengan kegiatan akademis. Diharapkan dengan mengimplementasikan metode gamifikasi dalam sistem dapat meningkatkan minat siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Gamifikasi sendiri adalah sebuah proses yang bertujuan mengubah non-game context menjadi jauh lebih menarik dengan mengintegrasikan game thinking, game design, dan game mechanics. Dari hasil penelitian dengan menggunakan 30 data responden disimpulkan bahwa sistem informasi akademik gamifikasi sudah berhasil dibangun dan metode gamifikasi sudah berhasil diimplementasikan untuk meningkatkan motivasi siswa dimana fitur yang paling berpengaruh adalah fitur point dan reward. Kata kunci: Sistem Informasi Akademik, Game, Game Design, Game Mechanics, Game Thinking, Gamifikasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.4 System Programming, Operating System, Computer Interface
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 28 Jul 2017 09:48
Last Modified: 02 Aug 2023 06:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1683

Actions (login required)

View Item View Item