Perancangan Music Scoring untuk Mempengaruhi Emosi Penonton pada Video Komersial Living Works

Agustina, Neysa (2021) Perancangan Music Scoring untuk Mempengaruhi Emosi Penonton pada Video Komersial Living Works. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (600kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (178kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (245kB)

Abstract

Skripsi ini berisi tentang perancangan music scoring untuk video komersial Living Works yang menjual produk peralatan dapur dan alat makan untuk kalangan menegah atas, khususnya pasangan muda yang baru menikah yang tinggal di apartemen. Dalam penelitian ini, penulis berkedudukan sebagai music director. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendorong penjualan produk dari Living Works. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan cara memastikan emosi yang ditimbulkan oleh music scoring yang dibuat sesuai dengan profil dari target market. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan observasi. Penulis membuat music scoring mengacu pada video komersial IKEA sebagai referensinya. Dengan dilakukannya penelitian ini, hubungan antara elemen musikal dan emosi manusia dapat diidentifikasi dengan jelas. Dengan demikian, menjadi mungkin untuk merancang sebuah lagu yang dapat menimbulkan emosi spesifik sesuai dengan tujuan lagu tersebut. Musik yang dirancang memiliki genre edm dan pop dan ditulis dengan format midi pada program Fruity Loops Studio. Proses pengerjaan music scoring dikerjakan oleh penulis lirik, music composer, penyanyi, dan sound engineer yang dipimpin langsung oleh penulis sebagai music director.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: musik, music scoring, sound design, music director, emosi, iklan, emosi dalam musik, musik dalam iklan
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Sensory perception, movement, emotions, and physiological drives
700 Arts and Recreation > 780 Music > 780 Music
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 17:55
Last Modified: 31 May 2023 02:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16869

Actions (login required)

View Item View Item