Anggi Nathania, Debora (2021) Implementasi Komunikasi Corporate Social Responsibility Adira Finance Selama Pandemi COVID-19. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Komunikasi dibutuhkan oleh setiap individu, organisasi atau perusahaan untuk menyampaikan pesan serta tujuan, yang dikemas dengan berbagai cara dan menggunakan berbagai saluran atau media. Hal ini menunjukkan bahwa komunikasi bersifat dinamis, sehingga dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman, keadaan, dan kebutuhan. Begitu pula dengan perencanaan dan penerapan komunikasi yang dilakukan oleh PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk atau lebih dikenal dengan Adira Finance. Menurut fungsi Corporate Co nication Adira Finance melalui divisi ternal Co nication perlu menyampaikan pesan yang kredibel kepada pihak eksternal untuk menunjukkan bahwa selaku perusahaan pembiayaan yang mampu memberikan berbagai jasa pembiayaan multiguna, Adira Finance ingin menunjukkan janji perusahaan, Sahabat Setia Selamanya meskipun pada masa pandemi COVID-19 ini. Komitmen ini ditunjukkan melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) #BangkitBersamaSahabat. Pesan yang ingin disampaikan adalah perusahaan mengajak masyarakat untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi dan dampak dari pandemi COVID-19. Pada penelitian kualitatif ini, digunakan pendekatan metode studi kasus. Data-data diperoleh dari dokumentasi CSR Adira Finance serta dilakukan wawancara mendalam dengan praktisi perusahaan serta narasumber ahli. Hasil data yang diperoleh, dianalisis berdasarkan metodologi menurut Robert K. Yin. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa, implementasi komunikasi CSR yang dilakukan oleh Adira Finance selama masa pandemi COVID-19 adalah menyebarkan pesan melalui ebsite perusahaan, karyawan perusahaan, media sosial perusahaan: Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook, atsapp ro p e ail blast, ann al report press release pemberitaan dari Influencer atau Blogger lokal yang diundang selama rangkaian kegiatan CSR #BangkitBersamaSahabat berlangsung, pemberitaan dari media, or o ot masyarakat, dan unggahan dari peserta dan komunitas yang terlibat kegiatan CSR.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Corporate Co nication Corporate Social Responsibility Komunikasi Corporate Social Responsibility Adira Finance, CSR #BangkitBersamaSahabat |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 654.408 Social Responsibility Management, CSR |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 14:55 |
Last Modified: | 15 Apr 2023 02:49 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16871 |
Actions (login required)
View Item |