Rancang Bangun Procedural Content Generation untuk Game Open World Menggunakan Algoritma Markov Chain

Dwitra Lauwrendo, Stefanus (2021) Rancang Bangun Procedural Content Generation untuk Game Open World Menggunakan Algoritma Markov Chain. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (476kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (917kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Dalam membuat sebuah game dengan genre open world dibutuhkan sumber daya yang banyak dan mahal. Sumber daya yang mahal dapat dikurangi dengan menggunakan sebuah metode untuk membantu pengembangan sebuah game open world, yaitu salah satu merupakan Procedural Content Generation (PCG). Metode PCG dapat digunakan dengan menggunakan algoritma Markov Chain yang berperan untuk melakukan generasi pada elemen cuaca di dalam game yang dibangun. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengurangi sumber daya yang dibutuhkan dalam pembuatan game open world. Game dibangun dalam format 2 dimensi dengan menggunakan game engine Unity. Penelitian yang dilakukan menghasilkan game yang telah dirancang dan dibangun sehingga sumber daya waktu pembuatan game menjadi lebih cepat. Game selesai dibangun dilakukan pengujian dengan mengukur tingkat kepuasan pemain menggunakan metode Game User Experience Satisfaction Scale (GUESS) yang telah disederhanakan menjadi 18 pertanyaan. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan menggunakan metode GUESS-18, didapatkan nilai sebesar 74,54% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Cuaca, Game Open World, GUESS, Markov Chain, PCG
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 17:52
Last Modified: 22 Aug 2023 04:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16880

Actions (login required)

View Item View Item