Gamifikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Menggunakan Speech Recognition untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus: Little Thinkers Preschool)

Amadea, Joy (2021) Gamifikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Menggunakan Speech Recognition untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus: Little Thinkers Preschool). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (446kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (466kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (293kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (99kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang sedang bersaing untuk menjadi bahasa paling dominan, yang bisa diartikan bahwa jika menguasai bahasa tersebut bisa mempunyai lebih banyak kesempatan dalam kehidupan. Tona merupakan hal yang penting dalam Bahasa Mandarin, jika salah tona maka mungkin salah makna. Pembelajaran akan lebih melekat jika belajar bahasa dari usia dini. Dikarenakan hal tersebut, berapa pra-sekolah di Indonesia telah mempunyai kurikulum khusus untuk belajar Bahasa Mandarin. Little Thinkers Preschool merupakan salah satu pra-sekolah tersebut, dan sedang mencari aplikasi kustom untuk mencocokannya dengan kurikulum yang ada. Dengan filosofi Little Thinkers Preschool yang menyatakan bahwa mereka percaya anak-anak belajar paling banyak dengan bermain, aplikasi yang dicari adalah sebuah aplikasi gamifikasi. Maka dari permasalahan tersebut, dalam penelitian ini akan dirancang dan dibangun sebuah aplikasi menggunakan metode gamifikasi dengan mengintegrasi speech recognition untuk pembelajaran Bahasa Mandarin anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur motivasi dan betapa terbawa suasana pengguna dalam memakai aplikasi, serta mencari tahu apakah aplikasi membantu pengguna dengan mempelajari Bahasa Mandarin. Aplikasi menggunakan Six Steps to Gamification sebagai acuan pembuatan game. Pengujian aplikasi gamifikasi dilakukan terhadap 31 anak-anak usia dini di sekolah Little Thinkers Preschool dengan mengisi survei berdasarkan Hedonic- Motivation System Adoption Model (HMSAM). Hasil evaluasi menyatakan bahwa pengguna bermotivasi untuk menggunakan aplikasi lagi dengan persentase 94,84% dan terbawa suasana agar tetap fokus dengan persentase 86,89% Wawancara lanjut dengan guru Bahasa Mandarin menunjukkan bahwa aplikasi dapat membantu anak-anak dengan mempelajari Bahasa Mandarin. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa gamifikasi pembelajaran Mandarin menggunakan speech recognition menambah motivasi dan fokus pada anak-anak dalam menggunakan aplikasi serta dapat membantu mereka dalam pembelajaran Bahasa Mandarin.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: anak usia dini, Bahasa Mandarin, gamifikasi, HMSAM, speech recognition
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.3 Artificial Intelligence, Machine Learning, Pattern Recognition, Data Mining
400 Language > 490 Other language > 495 Languages of East and Southeast Asia (Incl. Bahasa Indonesia)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 16:33
Last Modified: 21 Aug 2023 04:56
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16886

Actions (login required)

View Item View Item