Winardi, Glenn Tama (2021) Perancangan Media Interaktif untuk Meningkatkan Minat Siswa terhadap Termokimia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kimia merupakan salah satu cabang pelajaran ilmu pengetahuan alam yang memerlukan kemampuan berpikir kritis untik dipelajari dan menjadi pelajaran yang penting dipelajari bagi siswa tingkatan SMA. Namun, banyak siswa SMA Indonesia se-Jabodetabek merasa kesulitan mempelajarinya, khususnya materi Termokimia. Kesulitan ini membuat para siswa kurang tertarik mempelajari mata pelajaran tersebut yang padahal materi tersebut penting dipelajari agar memahami materi kimia lainnya. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kimia bernama Suharjo, kesulitan siswa belajar termokimia dikarenakan kurikulum materinya yang terbagi menjadi fisika dan kimia. Hal itu menyebabkan materi kimia sulit dipahami karena tidak dapat diajarkan secara menyuluruh. Berdasarkan masalah tersebut, pada penelitian ini penulis merancang media interakif untuk meningkatkan minat siswa SMA se-Jabodetabek terhadap Termokimia. Media interaktif yang dirancang oleh penulis berbentuk game edukasi berdasarkan hasil Focus Group Discussion yang dilakukan terhadap 4 narasumber siswa SMA. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat lebih tertarik belajar Termokimia dan pengaplikasiannya pada kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Media Interaktif, Termokimia, Edukasi, Game Edukasi |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 14:50 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 00:02 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16897 |
Actions (login required)
View Item |