Perbedaan Engagement berdasarkan Strategi Pesan dalam Komunikasi Pemasaran Scarlett Whitening di Instagram

Heriyanto, Angelia (2021) Perbedaan Engagement berdasarkan Strategi Pesan dalam Komunikasi Pemasaran Scarlett Whitening di Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (239kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (896kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (46kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Dalam industri kecantikan, Scarlett Whitening merupakan salah satu brand kosmetik lokal yang mampu menghadapi persaingan pasar dan menempati posisi dalam sepuluh besar brand lokal terpopuler dalam kategori perawatan wajah dan kosmetik di Indonesia. Keberhasilan ini tidak terlepas dari pemanfaatan Instagram sebagai salah satu media komunikasi pemasarannya. Dalam komunikasi pemasaran brand di media sosial, elemen utama yang perlu diperhatikan adalah perencanaan strategi pesan dari konten yang akan diunggah. Berdasarkan paparan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi pesan brand kosmetik lokal, yaitu Scarlett Whitening, dalam komunikasi pemasarannya pada Instagram. Konsep yang digunakan dalam penelitian merupakan strategi pesan pemasaran, meliputi strategi generic, pre-emptive, credibility, emotional, association, lifestyle, added value, reminder, serta dialogue. Penelitian dilakukan dengan mengimplementasikan pendekatan kuantitatif dan menerapkan metode analisis isi. Data penelitian dikumpulkan dengan mengelompokkan konten unggahan pada akun Instagram Scarlett Whitening (@scarlett_whitening) berdasarkan kategori dalam lembar coding. Analisis yang dilakukan pada konten Instagram Scarlett Whitening mulai dari 1 Maret 2020 ­ 1 Maret 2021 memperlihatkan penggunaan strategi pesan dalam komunikasi pemasaran Scarlett Whitening yang beragam berdasarkan tujuan komunikasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan engagement berdasarkan strategi pesan yang diterapkan sehingga sebaiknya strategi pesan added value lebih banyak diterapkan untuk meningkatkan engagement. Selain strategi pesan, temuan dalam penelitian juga membuktikkan faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam komunikasi pemasaran di Instagram, yaitu jam unggah, yang mengindikasikan bahwa konten sebaiknya diunggah pukul 11.00 ­ 13.59 untuk mendapatkan engagement tertinggi dari audiens.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Strategi Pesan, Engagement, Instagram
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 14:46
Last Modified: 26 Apr 2023 08:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16905

Actions (login required)

View Item View Item