Implementasi Image Repair Theory: Studi Kasus pada Isu Black Sakura Sour Sally di Twitter

Gilberta, Gloria (2021) Implementasi Image Repair Theory: Studi Kasus pada Isu Black Sakura Sour Sally di Twitter. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (775kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (116kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (142kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Sour Sally mengalami tuduhan pada produk unggulannya, yaitu Black Sakura yang dicetuskan oleh seseorang "netizen" di Twitter. "Cuitan" itu kemudian diretweet oleh beberapa influencer hingga menjadi viral di media sosial, yang pada akhirnya mengancam nama baik Sour Sally sebagai sebuah brand Food & Beverage ternama di Indonesia. Didukung oleh semakin maraknya pengguna sosial media di masa pandemi COVID-19, Sour Sally melaksanakan sebuah proyek manajemen krisis di media sosial untuk mengembalikan citranya. Fokus penelitian ini adalah ingin menganalisasi implementasi Image Repair Theory dalam menangani krisis Black Sakura Sour Sally. Peneliti menggunakan metode studi kasus untuk menjelaskan bagaimana implementasi Image Repair Theory oleh William L. Benoit dalam penanganan sebuah kasus di era digital. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan tiga orang narasumber yang kompeten dan memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai topik dan kasus yang diangkat dalam penelitian ini. Dari penelitian ini, ditemukan bahwa penting bagi perusahaan baik kecil maupun besar untuk memiliki perencanaan krisis, terutama di era digital dimana karena informasi tersebar dengan sangat cepat. Sour Sally menangani krisis ini dengan strategi yang tepat sasaran dan konsisten sehingga krisis dapat diredam dengan cepat. Media sosial juga dimanfaatkan sedemikian rupa oleh Sour Sally untuk membantu proses manajemen krisis. Sour Sally pun mengimplementasikan strategi good intentions dan differentiation dalam merespons krisis tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Image Repair Theory, Komunikasi Krisis, Sour Sally
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 17:31
Last Modified: 26 Apr 2023 03:42
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16933

Actions (login required)

View Item View Item