Chang, Melinda (2021) Aktivitas Kerja Video Journalist Kompas.com dalam Platform TikTok @kompascom dan YouTube Mykompascom. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (385kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (139kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Fenomena perkembangan internet telah menyebabkan media massa menghadapi era disrupsi. Pola konsumsi informasi yang dilakukan oleh masyarakat pun berubah. Tidak hanya terbatas melalui kertas, tetapi kini masyarakat dapat mengonsumsi informasi melalui layar digitalnya masing-masing. Inovasi pun dibutuhkan agar industri media dapat terus menjadi relevan di era disrupsi ini. Kompas.com adalah salah satu media daring yang ingin terus menjadi relevan. Mulai sejak 1995, Kompas.com telah hadir di internet. Saat ini, Kompas.com pun tidak hanya hadir di internet melalui situsnya. Namun, Kompas.com juga telah hadir di berbagai platform media sosial Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube. Kehadirannya di berbagai platform media sosial tersebut memperlihatkan bahwa Kompas.com memiliki kesadaran untuk tetap relevan. Pada 2020 ini pun, Kompas.com mulai melirik platform media sosial TikTok untuk pengembangan kontennya. Namun, Kompas.com belum memiliki sumber daya manusia (SDM) yang dapat berdedikasi secara khusus untuk membuat konten secara reguler di TikTok. Akhirnya, hal tersebut baru bisa direalisasikan melalui perekrutan magang dalam "Diagram Internship Program". Adanya peluang berharga itu, penulis tertarik untuk berkolaborasi dan bereksperimen bersama Kompas.com dalam pengembangan konten di TikTok @kompascom. Selain TikTok, penulis juga berkesempatan untuk terlibat dalam pembuatan konten di platform YouTube MyKompascom. Setelah melalui tahapan seleksi di "Diagram Internship Program", penulis pun diterima menjadi video journalist di Desk Social Media di Kompas.com. Selama 86 hari praktik magang ini, penulis melaksanakan berbagai aktivitas kerja secara individu maupun bersama tim magang. Kegiatan dilakukan mulai dari (1) praproduksi, (2) produksi, (3) pascaproduksi, (4) penyempurnaan dan pendistribusian. Selain itu, penulis dan tim magang juga mendapatkan tugas khusus, yaitu mewawancarai narasumber, memutakhirkan perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia, dan melakukan riset narasumber untuk program "BEGINU" di YouTube MyKompascom. Dari berbagai aktivitas di praktik magang ini, penulis telah menghadapi tantangan dan mendapatkan pengalaman berharga. Penulis pun telah merangkum beberapa saran pengembangan konten untuk Kompas.com dan saran pengembangan pembelajaran untuk Universitas Multimedia Nusantara.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | disrupsi, aktivitas kerja, video journalist, Kompas.com, TikTok, YouTube |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 17:24 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:55 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16961 |
Actions (login required)
View Item |