Pemanfaatan Folklor Indonesia dalam Merancang Dunia Penceritaan Naskah Film Panjang "Malya and a Fruit of Hope"

Liu, Livia (2020) Pemanfaatan Folklor Indonesia dalam Merancang Dunia Penceritaan Naskah Film Panjang "Malya and a Fruit of Hope". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (747kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (626kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (195kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Folklor yang ada di Indonesia sangat banyak dan beragam. Sebagai warga negara Indonesia yang mempelajari pembuatan film, penulis ingin menunjukkan lebih banyak kebudayaan Indonesia kepada dunia luar melalui naskah film panjang yang penulis buat. Cara yang penulis gunakan adalah melalui pembentukan dunia penceritaan. Kemudian penulis mendapatkan sebuah rumusan masalah, yaitu bagaimana mengadaptasi folklor Indonesia untuk merancang dunia penceritaan naskah film panjang Malya and a Fruit of Hope. Untuk memanfaatkan folklor Indonesia ke dalam cerita, penulis melakukan penelitian dengan metode kualitatif. Dari hasil penelitian tersebut penulis mendapatkan teori pembentukan dunia penceritaan yang dirumuskan oleh John Truby. Dengan teori tersebut penulis mengadaptasi folklor Indonesia berbentuk folklor bukan lisan dari kebudayaan Kerajaan Mataram Kuno ke dalam cerita penulis. Kebudayaan Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah hingga Jawa Timur menghasilkan elemen-elemen pembentuk dunia penceritaan dalam naskah film panjang penulis.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: folklor Indonesia, naskah film panjang, dunia penceritaan, Kerajaan Mataram Kuno
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 791 Movie industry, Circuses, TV, Radio, Puppetry, Pageantry, Animal Performances > 791.43 Film crew (director, script, actor, actress, editor, producer)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:07
Last Modified: 03 Oct 2023 00:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16968

Actions (login required)

View Item View Item