Interpretasi Remaja terhadap Komunikasi Verbal dan Nonverbal dalam Cyberbullying

Putri Widjaja, Felicia (2021) Interpretasi Remaja terhadap Komunikasi Verbal dan Nonverbal dalam Cyberbullying. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (215kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (405kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (130kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Fenomena cyberbullying marak terjadi pada remaja hingga terjadi beberapa kasus yang menimbulkan akibat depresi, kehilangan kepercayaan diri, hingga berakhir kehilangan nyawa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui interpretasi remaja mengenai komunikasi verbal dan nonverbal dalam cyberbullying, juga mengetahui penafsiran secara komunikasi verbal dan nonverbal apakah cyberbullying atau bukan cyberbullying. Cyberbullying memiliki berbagai faktor, juga dampak yang mempengaruhi remaja. Penelitian ini menggunakan konsep Komunikasi Verbal dan Nonverbal dari Computer Mediated Communication yang relevan dengan Komunikasi Antarpribadi menurut DeVito, dan aspek pendukung cyberbullying dari Willard: Amarah, Pelecehan, Fitnah, Peniruan, Tipu Daya, Pengucilan, dan Penguntitan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah dua remaja dengan sudut pandang berbeda, yakni korban dan pelaku cyberbullying. Hal yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa interpretasi yang dimiliki oleh setiap individu bisa berbeda, seperti pemaknaan yang dimiliki oleh para pelaku dan korban cyberbullying terhadap hal tersebut merupakan tindakan cyberbyllying atau bukan. Selain itu, seluruh kejadian cyberbullying yang terjadi, ternyata memiliki hubungan cukup erat dengan kehidupan nyata. Maka, cyberbullying tidak dapat dipandang secara objektif, melainkan secara subjektif dari fenomena yang dialami setiap individu. Kedepannya, tindakan cyberbullying seharusnya bisa lebih diperhatikan baik dari pengguna media sosial, orangtua dalam pengawasan remaja, public figure, dan masyarakat untuk lebih menyadari bahaya yang ditimbulkan cyberbullying.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Interpretasi, cyberbullying, Komunikasi Verbal, Komunikasi Nonverbal, Remaja
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 14:22
Last Modified: 02 May 2023 03:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16978

Actions (login required)

View Item View Item