Michelle Jo, Anastasia (2021) Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram terhadap Purchase Decision (Studi Kasus pada Followers @byooteofficial). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Seiring berkembangnya zaman, sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa media sosial merupakan suatu kebutuhan yang bisa dibilang masuk ke dalam kategori primer seseorang, dari anak-anak hingga orang tua sehingga media sosial saat ini dalam intensitas penggunaannya sangat tinggi dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dapat dibuktikan dari data yang disajikan oleh Hootsuite dan agensi marketing We Are Social yang menyatakan bahwa pengguna media sosial telah meningkat sebanyak 13% dalam 1 tahun terakhir ini sehingga dapat disimpulkan bahwa media sosial sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terpaan media sosial dari akun Instagram @byooteofficial terhadap purchase decision yang dilakukan oleh para pengikutnya dan mencari tahu besaran pengaruhnya. Byoote merupakan suplemen kecantikan yang baik juga perlu komposisi yang pas. Byoote mengandung Glutathione Grade A, Collagen, Alga Biru, Snow Algae, Green Algae, Vitamin C, dan Vitamin B. Konsep yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu terpaan media, Instagram, dan purchase decision. Metode dan sifat penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif serta sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 365 responden. Hasil penelitian ini, yang menggunakan uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara terpaan media terhadap purchase decision pada pengikut akun Instagram @byooteofficial sebesar 43,4%. Maka dari itu, penelitian ini dapat disimpulkan berhasil menjawab tujuan penelitian ini yakni adanya pengaruh dan seberapa besar pengaruh yang diberikan oleh variabel x (terpaan media) terhadap variabel y (purchase decision).
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | media sosial, Instagram, purchase decision, terpaan media |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 15:47 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 02:28 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16994 |
Actions (login required)
View Item |