Pengaruh Event Marketing Waktu Indonesia Belanja terhadap Brand Image Tokopedia

Sitorus, Naomi Tehillah (2021) Pengaruh Event Marketing Waktu Indonesia Belanja terhadap Brand Image Tokopedia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (589kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (359kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (785kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (177kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Pertumbuhan industri bisnis online di Indonesia begitu pesat, khususnya dalam pertumbuhan marketplace. Hal tersebut menyebabkan berubahnya gaya hidup masyarakat dalam melakukan transaksi pembelian menjadi serba online, yaitu dengan memanfaatkan platform marketplace di Indonesia, salah satunya Tokopedia. Dalam perkembangannya, sebagai marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia menggunakan strategi pemasaran event marketing dalam meningkatkan brand image perusahaan, dengan konsentrasi pada event Waktu Indonesia Belanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh event marketing Waktu Indonesia Belanja terhadap brand image Tokopedia. Penelitian ini menggunakan konsep event marketing dan brand image. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 400 responden dengan teknik penarikan sampel menggunakan non-probability sampling jenis purposive sampling. Kuesioner penelitian disebarkan secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Tokopedia berusia 18-25 tahun yang mengetahui adanya event Waktu Indonesia Belanja oleh Tokopedia. Teknik pengukuran data yang digunakan untuk menganalisis data adalah Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel event marketing (X) memengaruhi variabel brand image (Y) sebesar 0,595 atau 59,5%. Sedangkan, sisa persentase sebesar 40,5%, variabel brand image (Y) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diketahui dan dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Tokopedia, Waktu Indonesia Belanja, Event Marketing, Brand Image, Marketplace
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.84 Marketing Distribution
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 15:46
Last Modified: 10 May 2023 07:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16996

Actions (login required)

View Item View Item