Penggunaan Algoritma Support Vector Machine dan Naive Bayes untuk Analisis Sentimen Pengguna Instagram terhadap E-Commerce di Indonesia

Amadeus, Nathaniel (2021) Penggunaan Algoritma Support Vector Machine dan Naive Bayes untuk Analisis Sentimen Pengguna Instagram terhadap E-Commerce di Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (499kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (205kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Tingkat adopsi E-Commerce di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun dan mampu memberikan dampak ke berbagai faktor. E-Commerce merupakan sistem jual beli yang dilakukan melalui internet. Instagram mempublikasikan berbagai postingan yang dapat dikomentari oleh penggunanya. Komentar negatif dalam postingan tersebut dapat merusak citra dari perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi E-Commerce berdasarkan tanggapan masyarakat Indonesia pengguna Instagram dari komentar negatif dan positif dari E-Commerce. Algoritma yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma Support Vector Machine dan Naïve Bayes karena kedua algoritma ini merupakan algoritma yang sudah teruji dan baik untuk klasifikasi teks. Proses dari penelitian ini akan menggunakan metode KDD. Hasil yang didapatkan melalui penelitian ini adalah algoritma Support Vector Machine menghasilkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan Naïve Bayes berdasarkan hasil accuracy. Kesimpulan yang bisa diberikan adalah terdapat banyak komentar negatif dalam komentar di Instagram E Commerce serta hasil dari algoritma Support Vector Machine lebih baik dibandingkan dengan Naïve Bayes.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analisis Sentimen, E-Commerce, Instagram, Naïve Bayes, Support Vector Machine
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 17:02
Last Modified: 05 Jul 2023 02:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17047

Actions (login required)

View Item View Item