Putra Lieman, Indo (2021) Pengaruh Konten Instagram terhadap Sikap Merek Gojek Indonesia Dimediasi oleh Keterlibatan Media Sosial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Gojek dalam mengkomunikasikan pesan #PastiAdaJalan menjadikan Instagram sebagai alat untuk membagikan value melalui konten yang beragam. Gojek mengemas strategi pesan tersebut memiliki harapan bahwa seseorang akan menggunakan Gojek pasti akan mendapatkan `jalan' (solusi) untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi, terutama selama masa pandemi ini melalui pesan #J3K. Tujuan adalah untuk mengetahui pengaruh pesan melalui Konten Instagram Gojek dapat mempengaruhi sikap merek dimediasi oleh keterlibatan media sosial. Teori yang digunakan adalah Social Judgement Theory untuk mengetahui pentingnya mengemas pesan, karena pesan akan mempengaruhi ego-involvement khalayak dalam mengambil keputusan baik berupa keterlibatan dan sikap terhadap merek. Sifat penelitian eksplanatif dengan metode penelitian survei melalui penyebaran kuesioner kepada 300 dari 993.304 followers Instagram Gojek (purposive sampling). Analisis data dengan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara tidak langsung konten Instagram berpengaruh signifikan terhadap sikap merek Gojek dimediasi oleh keterlibatan media sosial sebesar 0,180, sedangkan nilai pengaruh langsung sebesar 0,441, artinya pengaruh tidak langsung lebih kecil dibandingkan dengan pengaruh langsung. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada Gojek agar meningkatkan pesan dalam bentuk konten Instagramnya sesuai dengan ketertarikan khalayak, karena setiap pesan yang mudah diterima khalayak adalah pesan konten yang memiliki keterkaitan dengan pengalaman khalayak itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Konten Instagram, Sikap Merek, Keterlibatan Media Sosial |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 15:13 |
Last Modified: | 02 May 2023 02:40 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17062 |
Actions (login required)
View Item |