Pengaruh Konten Instagram terhadap Sikap Merek Gojek Indonesia Dimediasi oleh Keterlibatan Media Sosial

Putra Lieman, Indo (2021) Pengaruh Konten Instagram terhadap Sikap Merek Gojek Indonesia Dimediasi oleh Keterlibatan Media Sosial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (309kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (549kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (74kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (882kB)

Abstract

Gojek dalam mengkomunikasikan pesan #PastiAdaJalan menjadikan Instagram sebagai alat untuk membagikan value melalui konten yang beragam. Gojek mengemas strategi pesan tersebut memiliki harapan bahwa seseorang akan menggunakan Gojek pasti akan mendapatkan `jalan' (solusi) untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi, terutama selama masa pandemi ini melalui pesan #J3K. Tujuan adalah untuk mengetahui pengaruh pesan melalui Konten Instagram Gojek dapat mempengaruhi sikap merek dimediasi oleh keterlibatan media sosial. Teori yang digunakan adalah Social Judgement Theory untuk mengetahui pentingnya mengemas pesan, karena pesan akan mempengaruhi ego-involvement khalayak dalam mengambil keputusan baik berupa keterlibatan dan sikap terhadap merek. Sifat penelitian eksplanatif dengan metode penelitian survei melalui penyebaran kuesioner kepada 300 dari 993.304 followers Instagram Gojek (purposive sampling). Analisis data dengan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara tidak langsung konten Instagram berpengaruh signifikan terhadap sikap merek Gojek dimediasi oleh keterlibatan media sosial sebesar 0,180, sedangkan nilai pengaruh langsung sebesar 0,441, artinya pengaruh tidak langsung lebih kecil dibandingkan dengan pengaruh langsung. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada Gojek agar meningkatkan pesan dalam bentuk konten Instagramnya sesuai dengan ketertarikan khalayak, karena setiap pesan yang mudah diterima khalayak adalah pesan konten yang memiliki keterkaitan dengan pengalaman khalayak itu sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Konten Instagram, Sikap Merek, Keterlibatan Media Sosial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 15:13
Last Modified: 02 May 2023 02:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17062

Actions (login required)

View Item View Item