Salim, Emily (2020) Perancangan Tokoh Berdasarkan Archetype pada Animasi 2D "Dalem". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (487kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (671kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (350kB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (131kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (618kB) |
Abstract
Seorang pahlawan selalu digambarkan sebagai seorang yang sangat sempurna dan selalu tampil terbaik melalui literasi-literasi yang telah diciptakan. Akan tetapi apa yang melatarbelakangi suatu tindakan pahlawan tersebut belum dapat disampaikan oleh literasi umum yang diajarkan di bangku sekolah. Diponegoro sebagai seorang pangeran pun selalu digambarkan sebagai sosok yang sangatlah agung sehingga banyak yang kesulitan menggambarkan Diponegoro di kehidupan sehari-hari. Sehingga dengan saya memilih Diponegoro dengan tokoh-tokoh penting yang mempengaruhinya, saya mampu menggambarkan sosok seorang Diponegoro yang dapat dipahami oleh para audiens. Untuk merancang tokoh-tokoh tersebut, saya akan menggunakan penelitian berdasarkan pada archetype atau yang bisa dikatakan peranan seorang tokoh dalam cerita. Hal ini meliputi aspek fisik, psikologis, sosial , motivasi serta backstory yang melatarbelakangi kisah hidup sebelum cerita berlangsung. Dengan menggunakan aspek tersebut, seorang tokoh akan tercipta semakin kompleks atau hidup sehingga menciptakan suatu empati ataupun simpati pada setiap tokoh tersebut. Tak hanya itu saja, penciptaan tokoh ini mampu membuat variasi dalam visualisasi reaksi individu terhadap adanya suatu penjajahan. Sehingga hasil dari penelitian ini akan mampu menggambarkan lapisan masyarakat yang terdapat dalam animasi tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Diponegoro, archetype, penciptaan tokoh, visualisasi |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 13:44 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 01:28 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17086 |
Actions (login required)
View Item |