Pengaruh Pemberian Materi Literasi Media dan Informasi terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Native Advertising pada Siswa SMA Tarsisius Vireta Tangerang

Valencia Bellion, Brigitta (2021) Pengaruh Pemberian Materi Literasi Media dan Informasi terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Native Advertising pada Siswa SMA Tarsisius Vireta Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (705kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (436kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (628kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (198kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pemanfaatan model bisnis native advertising merambah industri media digital dan mulai meraih popularitasnya. Bentuk monetisasi konten ini memungkinkan media untuk menghasilkan sumber pendapatan dari konten artikel berita yang disponsori oleh produk, komunitas, lembaga, atau tokoh tertentu. Native advertising dianggap lebih menguntungkan dan tidak mengganggu aktivitas daring audiens secara visual dengan pengaturan sedemikian rupa dalam rangkaian narasi informatif. Namun, kemampuan native advertising dalam menyerupai konten berita editorial ini banyak dianggap menyalahi etika jurnalistik dan dianggap menipu khalayak. Hal ini disebabkan karena sifat konten native advertising atau berita bersponsor ini tidak objektif, dan dalam beberapa kasus tidak diberi label keterangan iklan. Beberapa media juga menerapkan native advertising untuk kepentingan lembaga, pemerintah, dan tokoh-tokoh publik. Berdasarkan konsep literasi media dan informasi (LMI) UNESCO, diperlukan pendidikan literasi yang mumpuni agar masyarakat dapat bersikap kritis dan memiliki pengetahuan lebih luas terkait berita yang dikonsumsinya sehari-hari. LMI diharapkan dapat membantu khalayak membedakan native advertising dengan konten editorial. Data juga menunjukkan pengguna internet terbanyak di Indonesia berasal dari 91% kalangan remaja berusia 15-19 tahun, termasuk siswa SMA sehingga perlu dipastikan siswa SMA telah mendapat pendidikan literasi media dan informasi yang baik. Maka, dengan metode eksperimen intact-group comparison penelitian ini dilakukan terhadap 62 siswa di SMA Tarsisius Vireta Tangerang. Peneliti membedakan kemampuan mengidentifikasi native advertising pada kelompok eksperimen yang mendapatkan treatment berupa materi LMI, dengan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan treatment. Melalui analisis Mann-Whitney U-Test, ditemukan bahwa mean rank kelompok eksperimen 33,52 sedangkan kelompok kontrol 29,48. Sementara itu, nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yang dihasilkan adalah 0,376 > 0,05 hipotesis alternatif ( ) penelitian ditolak. Jika ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh pemberian materi LMI terhadap kemampuan mengidentifikasi native advertising pada siswa SMA Tarsisius Vireta Tangerang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: native advertising, media daring, literasi media dan informasi (LMI), siswa SMA
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:43
Last Modified: 21 Jun 2023 01:38
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17088

Actions (login required)

View Item View Item