Lestari, Dessy (2021) Perancangan Interactive Storytelling Mengenai Cerita Rakyat Asal-Usul Tanjung Penyusuk. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
"Asal-Usul Tanjung Penyusuk" merupakan cerita rakyat yang berasal dari Belinyu, Bangka Utara, yang menceritakan bagaimana tanjung tersebut dipanggil menjadi Tanjung Penyusuk. Cerita ini memiliki pesan moral untuk anak-anak sejak dini dan orang tua, seperti anak-anak tidak boleh membantah orang tua, berkata kasar dan bertindak seenaknya, begitu juga kepada orang tua untuk mendidik anaknya menjadi pribadi yang baik. Walaupun begitu, cerita ini mulai memudar karena kurang diketahui oleh anak-anak dan belum adanya media yang cocok untuk menyebarkan cerita tersebut pada jaman sekarang dimana anak-anak dekat dengan gawai. Jika cerita ini semakin tidak diketahui oleh anak-anak, maka akan hilang salah satu identitas dari Tanjung Penyusuk. Maka dari itu penulis ingin membuat sebuah media pembaruan untuk menceritakan kembali cerita rakyat "Asal-Usul Tanjung Penyusuk" dengan harapan pemain dapat mengetahui segi budaya yang ada pada Tanjung Penysusuk, Bangka Belitung ini dan mulai melestarikan salah satu budaya lisan di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Adaptasi, Budaya, Cerita Rakyat, Inovasi |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 12:21 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 00:24 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17112 |
Actions (login required)
View Item |