Perancagan Visual Novel sebagai Media Informasi Tentang Pakaian Adat Indonesia untuk Anak Usia 9-12 Tahun

Trismulia, Steafani (2021) Perancagan Visual Novel sebagai Media Informasi Tentang Pakaian Adat Indonesia untuk Anak Usia 9-12 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (677kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (232kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pakaian adat merupakan pakaian resmi khas daerah yang menjadi salah satu warisan dan simbol dari masing-masing daerah dan provinsi di Indonesia. Pakaian adat juga dapat menunjukkan status sosial, perkawinan atau agama. Selain itu, pakaian adat terdiri dari dua jenis yaitu untuk acara sehari-hari dan yang lain dikhususkan untuk acara festival atau upacara adat. Namun, seiring berjalannya waktu banyak yang mulai melupakan pakaian adat Indonesia dikarenakan teknologi yang sudah maju dan lebih menyukai budaya luar negeri. Jika pakaian adat Indonesia semakin tidak dipedulikan oleh masyarakat, maka salah satu warisan budaya Indonesia bisa hilang atau bahkan dicuri oleh negara lain. Maka dari itu penulis ingin membuat sebuah media interaktif untuk memperkenalkan dan menginformasikan kembali pakaian adat Indonesia dari 34 provinsi untuk anak- anak umur 9-12 tahun dengan harapan jika salah satu budaya Indonesia ini tidak akan hilang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Informasi, Inovasi, Pakaian Adat, Novel Visual
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:35
Last Modified: 17 Oct 2023 00:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17116

Actions (login required)

View Item View Item