Trismulia, Steafani (2021) Perancagan Visual Novel sebagai Media Informasi Tentang Pakaian Adat Indonesia untuk Anak Usia 9-12 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pakaian adat merupakan pakaian resmi khas daerah yang menjadi salah satu warisan dan simbol dari masing-masing daerah dan provinsi di Indonesia. Pakaian adat juga dapat menunjukkan status sosial, perkawinan atau agama. Selain itu, pakaian adat terdiri dari dua jenis yaitu untuk acara sehari-hari dan yang lain dikhususkan untuk acara festival atau upacara adat. Namun, seiring berjalannya waktu banyak yang mulai melupakan pakaian adat Indonesia dikarenakan teknologi yang sudah maju dan lebih menyukai budaya luar negeri. Jika pakaian adat Indonesia semakin tidak dipedulikan oleh masyarakat, maka salah satu warisan budaya Indonesia bisa hilang atau bahkan dicuri oleh negara lain. Maka dari itu penulis ingin membuat sebuah media interaktif untuk memperkenalkan dan menginformasikan kembali pakaian adat Indonesia dari 34 provinsi untuk anak- anak umur 9-12 tahun dengan harapan jika salah satu budaya Indonesia ini tidak akan hilang.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Informasi, Inovasi, Pakaian Adat, Novel Visual |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 13:35 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 00:15 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17116 |
Actions (login required)
View Item |