Strategi Image Repair PT Sriwijaya Air (Analisis Isi Berita Media Online tentang Kecelakaan Pesawat SJ-182)

Vania Hendrajaya, Vina (2021) Strategi Image Repair PT Sriwijaya Air (Analisis Isi Berita Media Online tentang Kecelakaan Pesawat SJ-182). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (492kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (971kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (252kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Setiap perusahaan pasti memiliki kecenderungan untuk menjaga citra (image) yang sudah dibangun. Ketika terimbas krisis, banyak tuduhan dan persepsi publik yang timbul sehingga merusak citra (image) perusahaan. Salah satu perusahaan yang mengalaminya adalah PT Sriwijaya Air. PT Sriwijaya Air mendapatkan berbagai tuduhan dari publik akibat kecelakaan pesawat SJ-182 pada Januari 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi image repair yang diterapkan oleh PT Sriwijaya Air dan bagaimana implementasinya dalam memperbaiki citra perusahaan akibat krisis yang terjadi. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Image Repair Theory yang dikembangkan oleh William L. Benoit. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, dan menggunakan metode directed content analysis. Data diperoleh melalui pemberitaan-pemberitaan di media online yang mengandung pernyataan dari Sriwijaya Air, dengan unit analisis tema. Hasil dari penelitian ini, PT Sriwijaya Air menggunakan delapan strategi image repair. Enam strategi yang diungkapkan oleh William L. Benoit, di antaranya simple denial, accident, bolstering, compensation, corrective action, dan mortification. Serta dua strategi image repair yang peneliti tambahkan, di antaranya provide the information dan praising others. PT Sriwijaya Air mengimplementasikan delapan strategi image repair tersebut dengan menyangkal tuduhan terkait pemeliharaan pesawat, memberikan penjelasan terkait keterlambatan boarding dan pemindahan penumpang dari NAM Air, mendukung dan menjamin pemenuhan hak-hak korban, memberikan santunan berupa uang, fasilitas akomodasi, fasilitas transportasi sampai semua korban diindentifikasi, berkoodinasi dengan Menteri Perhubungan dan KNKT untuk menjamin keselamatan operasional di kemudian hari, serta turut menghadiri pemakaman para korban yang sudah diindentifikasi sebagai salah satu bentuk bela sungkawa.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Image Repair Theory, PT Sriwijaya Air, Komunikasi Krisis
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 14:53
Last Modified: 12 May 2023 02:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17126

Actions (login required)

View Item View Item