Analisis Sentimen Mengenai Ujaran Kebencian yang Diterima oleh Provider Internet Indonesia di Komentar Instagram

Kornelius, Kornelius (2021) Analisis Sentimen Mengenai Ujaran Kebencian yang Diterima oleh Provider Internet Indonesia di Komentar Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (315kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (337kB)

Abstract

Dimasa pandemi ini, internet sudah menjadi kebutuhan pokok yang menyetarai sandang, pangan, dan papan. Masyarakat menggunakan internet untuk berbagai macam aktivitas seperti memesan makanan, berkomunikasi, belajar secara jarak jauh (online), bekerja dan media social yang salah satunya adalah Instagram. Pada Instagram masyarakat dapat melakukan upload gambar, video, mau pun teks jika sudah memiliki akun. Fitur tersebut tidak hanya terbatas pada seorang individu tetapi dapat dipakai juga oleh perusahaan atau pada kasus ini provider internet. Pada komen Instagram akun provider internet sering terdapat komen positif dan negatif yang saling bertumpukan pada bagian komen, membuat provider sulit untuk mengukur kepuasan pelanggan ­ pelanggan mereka. Oleh karena itu pada laporan ini peneliti akan menggunakan analisa sentimen dengan algoritma Naïve Bayes dan Support Vector Machine (SVM) untuk mengukur kepuasan pelanggan melalui banyak Hate speech yang terdapat pada bagian komen instagram dari akun provider internet. Penelitian akan diawali dengan mengumpulkan 1000 data pada komen instagram provider internet (Text Mining), lalu data yang sudah ada akan masuk kedalam proses analisa sentiment. Setelah itu hasil dari sentimen tersebut akan di masukan kedalam 2 algoritma yaitu Naïve Bayes dan Support Vector Machine (SVM). Lalu akurasi akan di hitung menggunakan K-Fold Cross Validation dan Confusion Matrix untuk menjadi hasil yang jelas. Hasil penelitian akan berupa presentase kepuasan dan tidak puasnya pelanggan berdasarkan banyak Hate speech yang dimiliki provider internet masing ­ masing. Hasil analisa dari penelitian ini diharapkan dapat membantu provider internet di Indonesia mengetahui banyak pelanggan yang kurang puas dengan pelayanan mereka dapat meningkatkan kualitas dari pelayanan mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analisa Sentimen, Instagram, Internet, Naive Bayes, Provider, SVM
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training > 658.306 Job Analysis
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 14:47
Last Modified: 03 Aug 2023 06:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17139

Actions (login required)

View Item View Item