Efektivitas Aktivisme Daring #MulaiDariLemari di Instagram Terhadap Sikap Pro Fesyen Lambat Generasi Milenial

Putri, Ines (2021) Efektivitas Aktivisme Daring #MulaiDariLemari di Instagram Terhadap Sikap Pro Fesyen Lambat Generasi Milenial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (767kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (188kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (394kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (120kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Fesyen cepat adalah faktor utama yang mendorong industri pakaian sebagai industri yang menyumbang polusi terbesar di dunia. Dari masalah ini lahir fesyen lambat sebagai counter movement dari fesyen cepat, yang didasari dari konsep penggunaan pakaian dengan ketahanan yang baik, yang diproduksi secara ramah lingkungan dan beretika. Teknologi komunikasi yang kiat berkembang dengan sangat cepat di era globalisasi menjadi faktor pendukung dalam jalannya kegiatan aktivisme di kanal daring. Dengan semakin berkembangnya angka pengguna media sosial di Indonesia, Zero Waste Indonesia memanfaatkan situasi ini untuk mengkomunikasikan pesan, informasi, dan kegiatan mengenai gerakan fesyen lambat melalui kampanye #MulaiDariLemari di platform media sosial, yaitu Instagram. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh aktivisme daring #MulaiDariLemari (yang dilihat dari aspek awareness/advocacy, organization/mobilitzation, dan action reaction) terhadap sikap fesyen lambat (yang dilihat dari kognitif, afektif, dan konatif) dan seberapa besar pengaruh tersebut. Riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan ke 400 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh dari aktivisme daring #MulaiDariLemari sebesar 41,5% terhadap sikap fesyen lambat generasi milenial.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye Digital, Aktivisme Daring, Sikap, Fesyen Lambat, Zero Waste Indonesia
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:15
Last Modified: 02 May 2023 02:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17185

Actions (login required)

View Item View Item