Marceline Ferdianto, Gabriela (2021) Aktivitas Copywriter Intern di Hybrid:H Hakuhodo Network Indonesia. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (205kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (356kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (201kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (722kB) |
Abstract
Industri periklanan di Indonesia terus mengalami peningkatan dan kemajuan setiap tahunnya. Hal ini dintyatakan berdasarkan laporan 2019 Global Ad Trends dari Pubmatic yang mencatat kenaikan nilai ekonomi periklanan sebanyak 7,9% dan pengeluaran kebutuhan periklanan yang meningkat sebanyak 26% di Indonesia. Hal tersebut kemudian mendorong perusahaan dari berbagai sektor bisnis berlomba- lomba menyuguhkan iklan serta kampanye yang unik dan kreatif untuk menarik konsumen. Namun, tidak semua perusahaan memiliki tim kreatif internal yang dapat mewujudkan hal tersebut, oleh sebab itu perusahaan membutuhkan bantuan jasa agensi periklanan. Dalam setiap agensi periklanan tentu saja terdapat beberapa divisi dengan posisi serta peran yang berbeda-beda sesuai dengan keahlian di bidangnya, salah satunya adalah peran copywriter yang biasanya berada dalam departemen kreatif. Tugas seorang copywriter tidak hanya menulis, namun copywriter juga harus memiliki kemampuan menyusun strategi dibalik tulisan yang telah dibuat. Hybrid:H merupakan bagian dari Hakuhodo Network Indonesia yang telah menyabet berbagai penghargaan baik dalam skala nasional maupun internasional. Oleh sebab itu, intern termotivasi untuk dapat memberikan kontribusi kepada Hybrid:H khususnya pada posisi copywriter intern. Dalam pelaksanaan magang sebagai copywriter intern, dilakukan pekerjaan seperti menulis caption, membuat copy untuk key visual, dan pembuatan konten untuk pitching. Selain itu, diwajibkan pula bagi intern untuk membuat sebuah Hybrid Project yang bertujuan mencari solusi kreatif dari permasalahan atau isu sosial yang ada berlandaskan konsep Strategic Planning dan rumus Hybrid Project sendiri. Saran untuk Hybrid:H kedepannya ialah mempertimbangkan penambahan tahap evaluasi pada rumus Hybrid Project, lebih melibatkan intern dalam setiap proyek, dan memberikan pelatihan apabila memberikan tugas lain diluar job description.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | Agensi Periklanan, Copywriter, Industri Periklanan, Strategic Planning, Hybrid:H |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 13:00 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 01:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17219 |
Actions (login required)
View Item |