Michael, Michael (2014) Rancang bangun exergame dengan gesture recognition berbasis kinect. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Exergame, permainan yang menggunakan gerakan olahraga dalam prosedur permainannya, merupakan satu pendekatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi seseorang dalam berolahraga. Namun, penggunaan perangkat input yang konvensional seperti mouse atau keyboard tidak dapat membuat pemain merasa seperti berolahraga. Oleh karena itu, digunakanlah gesture recognition yang berbasis vision dengan menggunakan Kinect. Selain itu, digunakan juga konsep Playfulness, yang dapat diartikan sebagai pengalaman yang menyenangkan atau memuaskan. Hasilnya, sebanyak 87% dari responden memberikan nilai yang positif pada tingkat kesenangan saat memainkan exergame. Sebagian besar pemain juga benar-benar merasa seperti berolahraga saat memainkan exergame ini dan exergame ini pun dapat melengkapi kebutuhan seseorang dalam berolahraga, namun dengan frekuensi yang cukup.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 794 Indoor Games of Skill |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 08:23 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 01:36 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1728 |
Actions (login required)
View Item |