Analisis Isi Strategi Pesan di Media Sosial Instagram Traveloka (@Traveloka) Selama Masa Pandemi: Maret 2020 - Maret 2021

Aurelle Widelyne, Chevellia (2021) Analisis Isi Strategi Pesan di Media Sosial Instagram Traveloka (@Traveloka) Selama Masa Pandemi: Maret 2020 - Maret 2021. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (649kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (188kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (76kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Traveloka merupakan salah satu layanan akomodasi berbasis online ternama yang terdampak oleh pandemi COVID-19 sebagai usaha di sektor pariwisata. Pada pandemi COVID-19, Traveloka berusaha untuk terus berinovasi dan juga mengandalkan media sosial sebagai platform yang efektif sebagai media komunikasi. Dalam usaha tersebut, diperlukan penggunaan strategi pesan yang tepat agar sesuai dengan tujuan komunikasi dari Traveloka kepada target audience. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui, menjabarkan, serta mendeskripsikan penggunaan strategi pesan di media sosial Instagram Traveloka (@traveloka) pada masa pandemi COVID-19 (Maret 2020-Maret 2021). Penelitian ini menggunakan konsep Strategi Pesan berdasarkan level respon dari (Duncan), Message Structure dan Message Content dari (Perloff). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis isi yang bersifat deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh feeds dalam Instagram Traveloka sejak 5 Maret 2021- 30 Maret 2020 dengan total 267 konten dan menggunakan teknik total sampling. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa Traveloka menggunakan informational strategy dalam strategi pesan untuk mencapai level respon kognitif (think) dari audience, lifestyle strategy untuk mencapai level respon afektif (feel), dan reminder strategy untuk level respon konatif (do). Dalam penggunaan message structure, Traveloka dominan menggunakan argumen satu sisi, membiarkan kesimpulan, serta primary. Penerapan message content yang digunakan Traveloka paling banyak menggunakan pernyataan faktual (evidence), narrative, dan response efficacy (fear appeal).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Level Respon Strategi Pesan, Message Content, Message Structure, Instagram
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 175 Ethics of recreation, leisure, public performances, communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:54
Last Modified: 15 Apr 2023 05:55
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17285

Actions (login required)

View Item View Item