Strategi Engagement Media Sosial Instagram @Indomusikgram dalam Membentuk Engagement

Natalia Anderson, Carissa (2021) Strategi Engagement Media Sosial Instagram @Indomusikgram dalam Membentuk Engagement. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (456kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (175kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (20kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Media sosial memiliki 170 juta pengguna di Indonesia. Salah satu media sosial yang marak digunakan adalah Instagram. Terlebih dalam kondisi di tengah Pandemi yang mempengaruhi behaviour masyarakat dalam mengonsumsi konten. Media sosial telah menjadi sumber berbagai informasi dan pemenuhan kebutuhan akan hal yang dapat menghibur atau menginformasikan sesuatu. Hal ini menjadi peluang bagi siapa saja yang ingin berkarya melalui media sosial. Kini, sebuah konten pun dapat menjadi hal yang dijual oleh sebuah merek kepada audiencenya. Akun Instagram dari merek ini menyajikan konten yang memiliki emotional appeal yang direpresentasikan dalam bentuk konten yang lucu, konten cinta, konten yang menimbulkan emosi seperti hiburan, ketakutan, hingga perasaan bersalah. Salah satu hal yang ingin dicapai oleh merek sebagai sebuah akun Instagram adalah keterlibatan/engagement. Salah satu merek yang hadir sebagai akun di Instagram adalah Indomusikgram (@Indomusikgram). Sebuah akun komunitas pencinta musik yang membagikan konten seputar musik yang memiliki followers sebanyak 1.7 Juta dan memiliki tanda centang biru. Dengan aktivitas media sosial yang selalu dilakukan adalah mengunggah konten apresiatif yaitu konten repost music cover. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan media sosial yang dilakukan oleh Indomusikgram melalui media sosial Instagram @Indomusikgram dalam membentuk engagement. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan metode studi kasus. Data primer diperoleh dari wawancara mendalam dengan 2 partisipan dan 2 informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram @Indomusikgram melakukan 7 tahapan perencanaan media sosial dari Tuten & Solomon yang disebut dengan Social Media Campaign: The Strategic Planning Procces. Konsistensi dalam menciptakan konten yang relevan dengan pencinta musik dan melibatkan audience ke dalam komunitas menjadi faktor keberhasilan akun Instagram @Indomusikgram.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Instagram, Keterlibatan, Komunitas, Konten, Perencanaan Media Sosial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 12:16
Last Modified: 28 Apr 2023 05:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17353

Actions (login required)

View Item View Item