Natalia Anderson, Carissa (2021) Strategi Engagement Media Sosial Instagram @Indomusikgram dalam Membentuk Engagement. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Media sosial memiliki 170 juta pengguna di Indonesia. Salah satu media sosial yang marak digunakan adalah Instagram. Terlebih dalam kondisi di tengah Pandemi yang mempengaruhi behaviour masyarakat dalam mengonsumsi konten. Media sosial telah menjadi sumber berbagai informasi dan pemenuhan kebutuhan akan hal yang dapat menghibur atau menginformasikan sesuatu. Hal ini menjadi peluang bagi siapa saja yang ingin berkarya melalui media sosial. Kini, sebuah konten pun dapat menjadi hal yang dijual oleh sebuah merek kepada audiencenya. Akun Instagram dari merek ini menyajikan konten yang memiliki emotional appeal yang direpresentasikan dalam bentuk konten yang lucu, konten cinta, konten yang menimbulkan emosi seperti hiburan, ketakutan, hingga perasaan bersalah. Salah satu hal yang ingin dicapai oleh merek sebagai sebuah akun Instagram adalah keterlibatan/engagement. Salah satu merek yang hadir sebagai akun di Instagram adalah Indomusikgram (@Indomusikgram). Sebuah akun komunitas pencinta musik yang membagikan konten seputar musik yang memiliki followers sebanyak 1.7 Juta dan memiliki tanda centang biru. Dengan aktivitas media sosial yang selalu dilakukan adalah mengunggah konten apresiatif yaitu konten repost music cover. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan media sosial yang dilakukan oleh Indomusikgram melalui media sosial Instagram @Indomusikgram dalam membentuk engagement. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan metode studi kasus. Data primer diperoleh dari wawancara mendalam dengan 2 partisipan dan 2 informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram @Indomusikgram melakukan 7 tahapan perencanaan media sosial dari Tuten & Solomon yang disebut dengan Social Media Campaign: The Strategic Planning Procces. Konsistensi dalam menciptakan konten yang relevan dengan pencinta musik dan melibatkan audience ke dalam komunitas menjadi faktor keberhasilan akun Instagram @Indomusikgram.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Instagram, Keterlibatan, Komunitas, Konten, Perencanaan Media Sosial |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 12:16 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 05:13 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17353 |
Actions (login required)
View Item |