Benedictus, Nevio (2021) Pengaruh Daya Tarik Konten Promosi pada Akun Instagram by.u terhadap Keputusan Pembelian. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan telekomunikasi melalui media sosial, terutama produk yang menyasar kepada generasi Z sebagai target market menyebabkan pembuatan konten promosi sebagai daya tarik menjadi sangat krusial dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik konten promosi yang dilakukan oleh provider digital pertama di Indonesia, yaitu By.U terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini mendasarkan teori Elaboration Likelihood Model (ELM) yang menekankan rute pusat dan rute periferal dalam menerima pesan promosi, serta menggunakan konsep daya tarik pesan, sales promotion, karakteristik media sosial dan keputusan pembelian. Penelitian ini bersifat eksplanatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah followers Instagram @Byu.id yang terpapar oleh konten promosi di Instagram @Byu.id. Sampel yang diambil sebanyak 219 responden dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh daya tarik konten yang mencakup dimensi incentive, reminder, dan interactive secara signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 46,3%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Daya Tarik Pesan, Keputusan Pembelian, Teori Elaboration Likelihood Model, By.U |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 14:28 |
Last Modified: | 15 Apr 2023 07:17 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17407 |
Actions (login required)
View Item |