Perancangan Shot pada Adegan Action dalam Film Animasi 2D “A Long Night”

Kevin, Kevin (2021) Perancangan Shot pada Adegan Action dalam Film Animasi 2D “A Long Night”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (285kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (68kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (942kB)

Abstract

Merancang sebuah shot merupakan hal yang paling mendasar dalam pembuatan film maupun animasi. Merancang shot merupakan bagian untuk penyampaian visual, ekspresi dan penceritaan suatu film maupun animasi kepada penonton. Dalam merancang sebuah shot, banyak aspek yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan. Dalam memvisualkan suatu adegan dalam film atau animasi harus mempertimbangkan pemilihan sudut pandang kamera, komposisi shot dan pergerakan kamera untuk dapat menyampaikannya kepada penonton. Dalam film maupun animasi pemilihan shot merupakan bagian penting untuk film maupun animasi dapat dinikmati oleh penonton. Dalam memvisualkan shot, peletakan tokoh dalam frame, pemilihan angle dan pemilihan pergerakan kamera harus diperhatikan dengan baik. Jika dalam pemilihan shot terdapat komponen yang tidak sinkron, maka dapat berdampak kepada ketidaknyamanan penonton dalam menonton film maupun animasi tersebut. Maka dari itu, perancangan shot harus dilakukan dengan baik dan teliti agar penonton dapat menikmati dan memahami film ataupun animasi yang ditonton. Dalam animasi dua dimensi "A Long Night", genre yang diambil adalah action. Adegan action yang terdapat pada animasi dua dimensi "A Long Night" banyak menyangkut pertarungan antara dua tokoh, Maka dari itu, pembahasan mengenai perancangan shot akan difokuskan membahas teknik yang dipakai sinematografi yang dipakai dalam adegan action.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Shot, animasi, genre action, sinematografi
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:39
Last Modified: 29 Sep 2023 01:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17425

Actions (login required)

View Item View Item