Fayza Gayo, Adina (2021) Perancangan Kartu Interaktif Belajar Huruf dan Kata bagi Anak dengan Disleksia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Disleksia merupakan gangguan belajar spesifik pada bidang bahasa yang umumnya memengaruhi kesadaran fonologis seseorang, sehingga terdapat kesulitan membedakan bunyi dan bentuk huruf yang mirip walaupun memiliki IQ normal atau di atas rata-rata. Hal ini disebabkan karena kelainan pada perkembangan otak, umumnya diturunkan oleh orang tua. Perlu dilakukan intervensi sejak dini jika ditemukan gejala disleksia, seperti kesulitan membaca, memahami konteks bacaan, sulit membedakan huruf, proses belajar membaca selama enam bulan tidak menunjukkan hasil yang signifikan, dan gejala lainnya. Untuk itu penulis merancang media intervensi kartu interaktif belajar huruf dan kata bagi anak dengan disleksia usia 5 8 tahun yang menerapkan metode play therapy dengan kombinasi metode fonem dan multisensori. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kualitatif dengan metode perancangan Human Centered Design.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Disleksia, Kartu Interaktif, Multisensori, Human Centered Design |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 14:24 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 00:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17433 |
Actions (login required)
View Item |