Perancangan Kartu Interaktif Belajar Huruf dan Kata bagi Anak dengan Disleksia

Fayza Gayo, Adina (2021) Perancangan Kartu Interaktif Belajar Huruf dan Kata bagi Anak dengan Disleksia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (82kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Disleksia merupakan gangguan belajar spesifik pada bidang bahasa yang umumnya memengaruhi kesadaran fonologis seseorang, sehingga terdapat kesulitan membedakan bunyi dan bentuk huruf yang mirip walaupun memiliki IQ normal atau di atas rata-rata. Hal ini disebabkan karena kelainan pada perkembangan otak, umumnya diturunkan oleh orang tua. Perlu dilakukan intervensi sejak dini jika ditemukan gejala disleksia, seperti kesulitan membaca, memahami konteks bacaan, sulit membedakan huruf, proses belajar membaca selama enam bulan tidak menunjukkan hasil yang signifikan, dan gejala lainnya. Untuk itu penulis merancang media intervensi kartu interaktif belajar huruf dan kata bagi anak dengan disleksia usia 5 ­ 8 tahun yang menerapkan metode play therapy dengan kombinasi metode fonem dan multisensori. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kualitatif dengan metode perancangan Human Centered Design.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Disleksia, Kartu Interaktif, Multisensori, Human Centered Design
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 14:24
Last Modified: 06 Sep 2023 00:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17433

Actions (login required)

View Item View Item