Godeleova, Khenzie (2021) Peran Reporter dan Content Creator Travel dan Food Kompas.com. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (997kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (659kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (197kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Hadirnya teknologi melahirkan cara baru dalam mengkonsumsi berita. Dengan media online, kini berita bisa diterima masyarakat dengan mudah, kapanpun dan dimanapun. Mengutamakan kecepatan, media online tetap perlu memperhatikan keakuratan isi beritanya. Selain itu, media sosial juga dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan audience untuk merujuk ke portal berita mereka. Meski tayang di media sosial, tidak sembarang konten bisa dipublikasikan. Konten harus menarik, namun juga menyajikan berita sesuai dengan kaidah jurnalistik. Dalam media online dan media sosial, audience bisa menikmati tulisan, foto, dan video dalam satu media yang sama. Teknologi membantu penyampaian berita lebih hidup. Laporan ini berisikan paparan peran reporter dan content creator pekerja magang di travel dan food Kompas.com. Penulis berkesempatan untuk mengaplikasikan teori dan juga praktik pembelajaran di kampus dalam kerja magang. Hal ini bisa menjadi tolak ukur dunia kerja sebagai jurnalis untuk penulis. Diberi kesempatan untuk magang menjadi reporter travel dan food di tengah pandemic Covid-19, membuat penulis harus beradaptasi dengan cara peliputan yang serba virtual. Hasil liputan penulis diserahkan kepada editor, dan dilengkapi dengan pencarian foto di situs-situs naungan Kompas. Selain itu, penulis juga bertugas dalam membuat konten di media sosial Kompas travel dan juga food; mulai dari membuat konten visual statis, interaktif, hingga penulisan caption. Konten diunggah ke dalam akun Instagram @Kompas.travel. Selama 76 hari, penulis mendapatkan pengalaman dan pembelajaran mengenai dunia jurnalistik dari praktisi langsung, mulai dari editor, asisten editor, hingga reporter. Dengan demikian, penulis bisa mengasah kemampuannya dan juga memperluas jaringan yang berguna di dunia kerja kelak.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | media online, media sosial, Kompas.com, reporter, magang |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 641 Food and Drink > 641.3 Food |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 14:14 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 06:19 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17454 |
Actions (login required)
View Item |