Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) di Media Sosial Instagram Terhadap Purchase Intention Toko Kopi Tuku Melalui Brand Image

Stephanus Immanuel, Joshua (2021) Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) di Media Sosial Instagram Terhadap Purchase Intention Toko Kopi Tuku Melalui Brand Image. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (364kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (706kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Toko Kopi Tuku adalah salah satu bisnis minuman kopi yang terlibat dalam ketatnya persaingan gerai kopi di Indonesia, khususnya di wilayah Jabodetabek. Dalam menjalankan bisnisnya, Toko Kopi Tuku memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan, salah satunya untuk menciptakan Electronic Word of Mouth (E-WOM) di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari E-WOM yang terdapat pada akun Instagram @tokokopituku terhadap purchase intention dari Toko Kopi Tuku melalui brand image. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui survey eksplanatif menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah followers Instagram @tokokopituku. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini berjumlah 346 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non-probabilitas purposive sampling dengan syarat merupakan followers Instagram @tokokopituku selama paling kurang tiga bulan dan berdomisili di Jabodetabek. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat pengaruh langsung antara E-WOM terhadap purchase intention dan pengaruh tidak langsung yang dimediasi oleh brand image adalah dengan analisis mediasi menurut Hayes. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel E-WOM terhadap brand image, brand image terhadap purchase intention, E-WOM terhadap purchase intention, dan E-WOM terhadap purchase intention yang dimediasi oleh brand image. Total pengaruh yang didapatkan dari analisis mediasi adalah sebesar 0,7834.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: electronic word of mouth, e-wom, brand image, purhcase intention, toko kopi tuku
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 14:13
Last Modified: 10 May 2023 08:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17458

Actions (login required)

View Item View Item