Penggunaan dan Kepuasan Generasi Milenial terhadap Berita dengan Model Distribusi Informasi Omnichannel: Studi Kasus Narasi

Fatli, Kevin (2020) Penggunaan dan Kepuasan Generasi Milenial terhadap Berita dengan Model Distribusi Informasi Omnichannel: Studi Kasus Narasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (449kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (415kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (317kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (826kB)

Abstract

Sejumlah studi menunjukkan adanya pergeseran pola penggunaan media pada generasi milenial dari media konvensional ke media sosial. Media sosial memiliki karakteristiknya sendiri sehingga media massa tidak bisa mempertahankan cara-cara lamanya dalam mendistribusikan informasi di media sosial. Sebagai respons atas masalah ini, Narasi menerapkan model distribusi informasi omnichannel dalam beritanya. Model ini menekankan upaya untuk menyesuaikan berita dengan karakteristik khalayak dan kanal yang digunakan. Penelitian ini berusaha untuk mengevaluasi bagaimana penggunaan dan kepuasan atau ketidakpuasan generasi milenial terhadap berita yang dihasilkan dengan model distribusi informasi omnichannel ini di Narasi. Peneliti menggunakan metode studi kasus Yin serta teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi terhadap berita- berita Narasi. Teori Penggunaan dan yang dikonseptualisasi dengan Gratification Sought & Gratification Obtained serta motif penggunaan media oleh McQuail digunakan untuk menganalisis bagaimana penggunaan dan kepuasan atau ketidakpuasan generasi milenial terhadap berita dengan model distribusi informasi omnichannel di Narasi. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa khalayak mengonsumsi Narasi untuk mendapatkan berita yang mendalam. Pola konsumsi berita khalayak menyesuaikan dengan karakteritik media sosial yang digunakan serta terdapat kepuasan dalam konsumsi berita Narasi oleh generasi milenial. Kepuasan tersebut diperoleh dengan menyesuaikan berita-berita yang dihasilkan dengan motif-motif penggunaan media generasi milenial.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: penggunaan dan kepuasan, generasi milenial, media sosial, model distribusi informasi omnichannel, Narasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.84 Marketing Distribution
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 12:49
Last Modified: 15 Jun 2023 05:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17490

Actions (login required)

View Item View Item