Putri, Lischa (2021) Pengaruh Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive, Pajak, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Potensi Terjadinya Transfer Pricing. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive, Pajak yang diproksikan dengan Effective Tax Rate (ETR), Ukuran Perusahaan yang diproksikan dengan ln Total Assets, dan Profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Asset (ROA) terhadap Potensi Terjadinya Transfer Pricing, baik secara parsial maupun simultan. Objek penelitian yang digunakan adalah perusahaan yang terdaftar dalam Indeks Kompas 100 dan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2017-2019. Jumlah sampel pada penelitian ini ditentukan melalui purposive sampling dan dianalisa dengan metode regresi linier berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan. Hasil penelitian ini adalah (1) Tunneling Incentive (TI) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap potensi terjadinya transfer pricing, (2) Pajak yang diproksikan dengan Effective Tax Rate (ETR) dan Profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Assets (ROA) memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap potensi terjadinya transfer pricing, (3) Ukuran Perusahaan yang diproksikan dengan ln total assets (SIZE) dan Mekanisme Bonus (MB) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap potensi terjadinya transfer pricing, (4) Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive, Pajak yang diproksikan dengan ETR, Ukuran Perusahaan yang diproksikan dengan ln Total Assets, dan Profitabilitas yang diproksikan dengan ROA secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Potensi Terjadinya Transfer Pricing. Berdasarkan simpulan dari penelitian ini maka dapat diberikan implikasi bahwa potensi terjadinya transfer pricing penting untuk dianalisa karena berpotensi menyebabkan kerugian bagi pendapatan pajak negara dan dapat merugikan investor sebagai pemegang saham nonpengendali karena tidak mendapatkan hak yang seharusnya. Maka otoritas pajak dan investor perlu memperhatikan terkonsentrasinya kepemilikan saham pada salah satu pemegang saham pengendali karena pemegang saham pengendali dapat melakukan hal yang menguntungkan pihaknya saja, salah satunya seperti melakukan penjualan kepada pihak yang mempunyai afiliasi dengan pihak pengendali tersebut sehingga mengakibatkan adanya potensi terjadinya transfer pricing pada perusahaan tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Mekanisme Bonus, Pajak, Profitabilitas, Transfer pricing, Tunneling Incentive, Ukuran Perusahaan |
Subjects: | 300 Social Sciences > 330 Economics > 336 Public Finance > 336.2 Taxes and Taxation |
Divisions: | Faculty of Business > Accounting |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 12:45 |
Last Modified: | 22 May 2023 08:16 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17498 |
Actions (login required)
View Item |