Pratama, Ryan Rizal (2016) Implementasi teori uses and gratification pada media baru youtube. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Hingga pada januari 2016 dilansir dari l iputan6.com , bahwa kenaikan dalam setahun terakhir sekitar 15 persen hingga total keselurahnya pengguna internet di Indonesia sekitar 88.1 juta pengguna. Tentu saja itu termasuk didalam pengguna Social Media ataupun pengkonsumsi New Media. Menjadi fokus dalam penelitian adalah melihat motivasi serta sekaligus harapan mereka yaitu mahasiswa sendiri dalam kebiasaan mereka dalam pengkonsumsi New Media, khususnya adalah YouTube. Berlandaskan pada teori Uses and Gratification , untuk melihat kebutuhan atau kegunaan dan kepuasaan bagi para pengguna media, dalam kasus ini adalah pengguna media digital yaitu Youtube. Kenapa mahasiswa, karena hasil riset yang dikeluarkan oleh Google bahwa penonton konten konten video di Youtube adalah mereka yang yang berada diantara umur 16 tahun hingga 28 tahun yang mendominasi. Untuk teknik pengambilan data, menggunakan teknis wawancara berkelompok atau yang dikenal dengan Focus Group Discussion. Terdiri dari dua kelompok mahasiswa yaitu mahasiswa UMN dan STKIP Surya. Hasil dari penelitian ini berunjuk pada empat motif yang dimiliki Denis Mc Quail yaitu, Motif Informasi; Motif Identitas Pribadi; Motif Interaksi Sosial dan Motif Hiburan. Dari hasil wawancara FGD kepada kedua kelompok mahasiswa tersebut. Mendominasi jawaban mereka bahwa motif hiburan yang membawa mereka untuk terus menikmati konten video di Youtube.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 303 Social Processes (Incl. Cultural Exchange, Conflict Resolution) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 01:36 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 06:37 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/175 |
Actions (login required)
View Item |