Implementasi algoritma minimax dan optimasi alpha-beta pada permainan catur

Timothy, Ronal Gorba (2014) Implementasi algoritma minimax dan optimasi alpha-beta pada permainan catur. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (872kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (920kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (853kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pada permainan catur, jumlah seluruh kombinasi langkah yang mungkin terjadi sangat banyak. Sebagai contoh, ada sekitar 300 miliar kemungkinan kombinasi pembukaan pada permainan catur. Dengan adanya hal ini, maka muncul beberapa metode yang telah dioptimalkan untuk membantu menyelesaikan masalah dalam pencarian langkah-langkah yang begitu banyak pada permainan catur. Salah satu solusi yang bisa dilakukan di antaranya adalah dengan menggunakan algoritma minimax dengan optimasinya berupa algoritma Alpha-Beta. Skripsi ini akan membahas implementasi kecerdasan buatan yang dibuat dengan algoritma minimax dengan optimasi Alpha-Beta untuk menghasilkan keputusan yang efektif pada permainan catur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan algoritma minimax dengan optimasi Alpha-Beta dapat mempercepat waktu pencarian langkah.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 794 Indoor Games of Skill
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Aug 2017 08:06
Last Modified: 27 Jan 2023 01:29
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item