Strategi Social Media Marketing dalam Meningkatkan Customer Engagement (Studi pada Instagram Zalora Indonesia @zaloraid)

Aldyanna Wijaya, Novita (2021) Strategi Social Media Marketing dalam Meningkatkan Customer Engagement (Studi pada Instagram Zalora Indonesia @zaloraid). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (146kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (128kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi pada era digital saat ini sangat membantu banyak industri dalam melakukan pemasaran merek dan produk yang dimiliki, salah satunya pada industri fashion E-Commerce. Media sosial sebagai sarana dalam melakukan pemasaran pun semakin gencar semenjak adanya pandemi Covid-19 yang memberikan dampak bagi para pelaku bisnis. Hal ini didukung karena tidak adanya kontak fisik melalui media sosial, sehingga platform ini menjadi sarana yang tepat dalam menyebarluaskan informasi dan juga sangat memungkinkan terbentuknya relasi serta keterlibatan konsumen yang ingin disasar. Perkembangan yang signifikan pada industri fashion pun didukung dengan adanya strategi pemasaran media sosial yang selaras dengan perkembangan teknologi. Aktivitas ini menarik bagi peneliti dalam mencari tahu dan menganalisis bagaimana sebuah merek meningkatkan customer engagement dengan proses social media marketing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus terhadap media sosial Instagram Zalora Indonesia yaitu @zaloraid. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dari beberapa narasumber yang memahami proses pembentukan strategi social media marketing dan juga dilakukan observasi dan studi dokumen untuk melengkapi data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pemanfaatan media sosial Instagram dengan strategi tahapan social media marketing mampu meningkatkan customer engagement. Hal ini dilakukan Zalora dengan mengkaji ulang target audiens, memperbaharui jenis konten dengan tren terkini yang cocok untuk pasar Indonesia demi terciptanya keterlibatan konsumen.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Social Media Marketing, Media Sosial, Customer Engagement, Instagram
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 12:32
Last Modified: 14 Apr 2023 01:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17540

Actions (login required)

View Item View Item