Lintang Kinasih, Agatha (2021) Pemrosesan Informasi pada Pelanggan Newsletter Catch Me Up dalam Mengonsumsi Berita Pendek COVID-19. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan teknologi mendorong munculnya kehadiran media baru, seperti email newsletter. Di tengah pandemi, masyarakat memiliki kebutuhan akan informasi terkait COVID-19. Maka dari itu, newsletter Catch Me Up hadir sebagai salah satu media penyedia yang menyediakan pemberitaan COVID-19. Ciri khas newsletter terletak pada berita pendek sehingga pelanggan hanya memeroleh ringkasan berita sebenarnya. Di tengah maraknya banjir informasi terkait COVID- 19, media memiliki peran dalam pengambilan keputusan masyarakat agar terhindar dari paparan virus COVID-19. Penelitian ini bertujuan unyuk mengetahui lebih lanjut pengalaman pelanggan newsletter Catch Me Up saat mengonsumsi berita pendek COVID-19 dan memproses informasi yang diperoleh. Menurut Potter, terdapat tiga tahapan dalam pemrosesan informasi, yakni filtering, meaning matching, dan meaning construction. Ketiga tahapan tersebut saling terkait sehingga pemrosesan informasi menghasilkan pengetahuan bagi seseorang untuk menjadi pertimbangan dalam mengambil suatu keputusan. Maka dari itu, penelitian ini menggunakan Teori Informasi dan Konsep Pemrosesan Informasi berdasar gagasan Potter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan menggunakan metode studi kasus. Teknik penggalian data melalui wawancara mendalam pada lima informan pelanggan newsletter Catch Me Up. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa latar belakang seseorang memengaruhi pandangannya terhadap arti penting mengikuti pemberitaan COVID-19. Hal tersebut sejalan dengan perilaku bermedia informan untuk mencari tahu lebih lanjut informasi tentang COVID-19. Sebagian besar informan memiliki pandangan sama terhadap pentingnya mengikuti pemberitaan COVID-19 sehingga pada tahap filtering seluruh informan memiliki topik tertentu yang ingin diperdalam. Sebagian besar informan juga memiliki pengetahuan terkait COVID-19 yang disimpan dalam pikirannya (meaning matching) untuk digunakan ketika pengambilan keputusan (meaning construction). Meski demikian, pengalaman pemrosesan informasi setiap informan berbeda-beda karena adanya pengaruh dari pandangan arti penting pemberitaan COVID-19 dan perilaku bermedia informan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | newsletter, COVID-19, pemrosesan informasi |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 11:14 |
Last Modified: | 17 Jun 2023 05:24 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17561 |
Actions (login required)
View Item |