Kenang, Richard (2015) Critical success factor dalam permainan online berbasis mobile studi kasus : game clash of clans. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Permainan diciptakan guna menghibur para pengguna teknologi mobile.Salah satu permainan yang sedang popular dalam teknologi mobile sekarang ini yaitu Clash Of Clans yang diciptakan oleh Supercell Company asal Finland. Melalui permainan ini perusahaan mengklaim telah memperoleh keuntungan sebesar $892 juta pada tahun 2013. Melihat suksesnya permainan ini , pasti ada faktor-faktor di dalam permainan ini atau bisa disebut critical success factor yang mempengaruhi sehingga pengguna memainkan permainan ini. Penelitian yang dibuat ini bertujuan untuk menemukan critical success factor yang mempengaruhi kesuksesan permainan Clash Of Clans. Peneliti melakukan sampling terhadap responden yang merupakan pemain Clash Of Clans untuk berpartisi pasa mengisi kuesioner penelitian yang akan menguji 13 variabel bebas yang diajukan sebagai critical success factor yang mempengaruhi variabel terikat yaitu kesuksesan permainan Clash Of Clans. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu terdapat 10 variabel yang merupakan critical success factor diantaranya alur cerita, grafis, durasi permainan, kontrol permainan, userinterface, tingkat kesulitan, interaksi sosial, update fitur, customize, dan ranking yang dianggap mempengaruhi kesuksesan permainan Clash Of Clans di lihat dari sisi pengguna, sedangkan variabel lain seperti biaya, suara permainan, dan performance permainan masih dinilai kurang tepat untuk dijadikan critical success factor.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:18 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 04:00 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1760 |
Actions (login required)
View Item |