Marceline Ferdianto, Gabriela (2021) Pengaruh Rebranding terhadap Customer Loyalty Airasia Indonesia yang Dimediasi oleh Brand Image (Survei terhadap Followers Instagram @Airasiatravels_id Indonesia). Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Oleh: Gabriela Marceline Ferdianto Pandemi COVID-19 yang tengah melanda dunia membawa dampak terhadap berbagai sektor industri, terutama pada sektor penerbangan atau transportasi udara karena adanya pembatasan mobilitas. Meraih gelar Maskapai Low-Cost terbaik dunia selama 11 tahun berturut-turut, Airasia sebagai salah satu maskapai penerbangan bertarif rendah di Indonesia tidak luput terkena dampak negatif dari pandemi. Namun di tengah hantaman krisis terhadap dunia penerbangan, Airasia justru memanfaatkan momen ini untuk melakukan rebranding. Rebranding yang dilakukan meliputi perubahan logo, slogan, dan pengembangan fitur pada platform airasia.com. Muzellec, Doogan, dan Lambkin (2003) menyatakan bahwa salah satu tujuan perusahaan melakukan rebranding ialah untuk memodifikasi citra yang telah dipersepsikan dan merefleksikan identitas yang baru. Hal ini menunjukkan kegiatan rebranding yang dilakukan Airasia dilakukan untuk mengubah citranya agar lebih dari sekedar maskapai penerbangan bertarif rendah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Chen & Liu (2017), maskapai penerbangan dengan brand image yang positif berpengaruh terhadap loyalitas konsumennya. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini ialah ingin mengetahui adanya pengaruh dan besar pengaruh dari rebranding yang dilakukan terhadap customer loyalty melalui brand image. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat eksplanatif. Menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh 356 responden yang merupakan followers Instagram @airasiatravels_id dan memenuhi kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain uji koefisien korelasi, uji regresi linear sederhana, dan uji analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara rebranding terhadap customer loyalty secara langsung dan tidak langsung, sehingga termasuk ke dalam tipe partial mediation. Adapun besar pengaruh rebranding terhadap customer loyalty secara langsung adalah 33,7% dan pengaruh tidak langsung rebranding terhadap customer loyalty melalui brand image adalah sebesar 56,6%. Hal ini disebabkan rebranding yang dilakukan oleh Airasia dianggap relevan dengan perubahan kebutuhan dalam industri penerbangan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Marceline Ferdianto, Gabriela (00000022695) |
Contributors: | Kustiwa, Agus (0318118203) |
Keywords: | Airasia, Brand Image, Customer Loyalty, Rebranding |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 13:16 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |