Pengaruh Customer Experience terhadap Customer Loyalty pada Blibli.com

Ester Clarisa. S, Glaudelia (2021) Pengaruh Customer Experience terhadap Customer Loyalty pada Blibli.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (363kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (195kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (433kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (44kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan riset Merchant Machine pada 2018, Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara yang mengalami pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia. Berdasarkan hal tersebut salah satu e-commerce asal Indonesia yaitu Blibli.com harus melihat situasi untuk dapat bersaing dengan e-commerce lainnya. Blibli.com merupakan e-commerce asal Indonesia yang memenangkan penghargaan pada kategori Best E-Commerce di Selular Award 2020. Blibli.com mencoba memberikan fokus pada strategi pemasaran CRM yang berpusat pada customer experience sehingga pengalaman yang diperoleh pelanggan akan memengaruhi customer loyalty. Melalui aktivitas customer experience yang dijalankan oleh Blibli.com penelitian ini ingin melihat apakah terdapat pengaruh pada loyalitas Blibli.com itu sendiri. Beberapa konsep pada penelitian ini mencakup social exchange theory, customer relationship management (CRM), customer experience, dan customer loyalty. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh customer experience terhadap customer loyalty dan untuk melihat seberapa besar pengaruh customer experience terhadap customer loyalty pada Blibli.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif. Penarikan sampel penelitian ini secara purposive sampling yang kuesionernya disebarkan pada 400 responden dan dilakukan pengolahan data dengan uji SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel customer experience (X) terhadap customer loyalty (Y) dengan perolehan presentase angka sebesar 44,5% dan sisanya pada angka 55,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: customer experience, customer loyalty, loyalitas pelanggan, pengalaman pelanggan, Blibli.com
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:13
Last Modified: 17 Apr 2023 07:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17651

Actions (login required)

View Item View Item